Tingkat Kepercayaan Publik Menurun, Puan Maharani: Pemerintah Perlu Melakukan Transparansi Data Covid-19

- Jumat, 30 Juli 2021 | 08:09 WIB
Jumlah terpapar covid-19 di Indonesia (Kredit visual: covid.go.id)
Jumlah terpapar covid-19 di Indonesia (Kredit visual: covid.go.id)

 

HARIANHALUAN.COM - Tingkat kepercayaan masyarakat akan kemampuan pemerintah dalam mengatasi pandemi terus mengalami tren penurunan selama satu tahun terakhir. Meskipun demikian, angka keyakinan ini masih terbilang positif.

Baca Juga: BMW Motorrad Persiapkan Skutik Bongsor Bermesin Kecil

Survei Litbang Kompas pada Juli 2021 menunjukkan sebanyak 60,7% responden masih meyakini bahwa pemerintah akan mampu mengendalikan Covid-19. Persentase ini cenderung turun bila dibandingkan dengan masa awal pandemi.

Kendati demikian, pemerintah tak boleh lengah menjaga tren kepercayaan masyarakat tersebut. Pasalnya, keberhasilan kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi sangat bergantung kepada keyakinan publik.

Menurut Gun Gun Heryanto, pengajar Komunikasi Politik di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, kecenderungan penurunan tingkat keyakinan masyarakat pada pemerintah dalam pengendalian pandemi terjadi, salah satunya karena pengelolaan komunikasi publik yang belum optimal.

“Ada kecenderungan narasi yang disampaikan para pejabat justru mematik perdebatan yang tak perlu. Padahal, semestinya mereka menyampaikan pesan yang ajeg dan saling menguatkan,” kata Gun Gun pada Selasa (27/7/2021).

Komunikasi tersebut, sambung dia, bisa dioptimalkan dengan menyusun basis data yang akurat. Pasalnya, sejumlah analisis memperlihatkan bahwa masyarakat cenderung tidak mempercayai data yang disajikan oleh pemerintah.

“Kalau distrust meningkat, pemerintah akan butuh waktu lebih lama untuk mengatasi pandemi ini. Ketidakyakinan itu juga akan menimbulkan efek bola salju di ranah sosial politik yang rawan dimanfaatkan oleh penumpang gelap yang memiliki tujuan tertentu,” ujar Gun Gun.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: rilis

Terkini

Ada Apa? Giring Ganesha Sebut Anies Baswedan Pembohong

Selasa, 21 September 2021 | 22:55 WIB

Satgas Sebut Pandemi Covid-19 di Indonesia Terkendali

Selasa, 21 September 2021 | 18:55 WIB

Mulyanto Sambut Baik Indonesia Go Nuclear

Selasa, 21 September 2021 | 14:55 WIB

Mulai November, 44 Ponsel Ini Diblokir WhatsApp

Selasa, 21 September 2021 | 09:15 WIB
X