Lebih Berbahaya, IDAI Sebut 20 Persen Anak yang Terinfeksi Covid-19 Tidak Memiliki Gejala

- Jumat, 30 Juli 2021 | 08:44 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - 20 persen anak yang terinfeksi Covid-19 tidak memiliki gejala, meskipun terdapat virus pada tubuhnya. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Satuan Tugas Perlindungan Anak Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr Eva Devita.

Baca Juga: Anak 12 Tahun ke Atas kini Sudah Bisa Divaksin Pfizer

"Ada 20 persen anak yang tanpa gejala, jadi anak ada virus di tubuhnya tapi tidak memiliki gejala. Ini justru yang berbahaya, karena mereka tetap bisa menularkan," kata Eva dalam diskusi 'Kupas tuntas Vaksin Covid-19' secara daring di Jakarta, Kamis (29/7) seperti dikutip dari Antara.

Dengan melihat situasi ini, Eva menyarankan semua orang tua untuk memberikan suntik imunisasi dan vaksinasi kepada anak dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Apa Kata Ahli Kesehatan Soal Aturan Baru PPKM Darurat Boleh Makan di Tempat Selama 20 Menit?

Ia mengatakan imunisasi penting untuk tubuh karena dapat menangkal virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, imunisasi aman diberikan pada anak dan dapat meningkatkan antibodi yang ada dalam tubuh.

"Ketika ada imunisasi, maka dia akan langsung menuju atau merangsang pertahanan lapis ketiga, sehingga tubuh tidak perlu sakit. Tapi kemudian pertahanan lapis ketiga ini akan memacu membentuk antibodi yang spesifik," kata dia menjelaskan pentingnya melakukan imunisasi.

Baca Juga: Tingkat Kepercayaan Publik Menurun, Puan Maharani: Pemerintah Perlu Melakukan Transparansi Data Covid-19

Eva mengungkapkan satu dari delapan orang yang terinfeksi Covid-19 adalah seorang anak. Sekitar 12,5 persen anak memiliki gejala Covid-19.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Antara

Tags

Terkini

Ada Apa? Giring Ganesha Sebut Anies Baswedan Pembohong

Selasa, 21 September 2021 | 22:55 WIB

Satgas Sebut Pandemi Covid-19 di Indonesia Terkendali

Selasa, 21 September 2021 | 18:55 WIB

Mulyanto Sambut Baik Indonesia Go Nuclear

Selasa, 21 September 2021 | 14:55 WIB

Mulai November, 44 Ponsel Ini Diblokir WhatsApp

Selasa, 21 September 2021 | 09:15 WIB
X