Kasus Pungli Bansos Covid-19, Ketua MPR: Harus Diusut Tuntas

- Jumat, 30 Juli 2021 | 18:10 WIB
Bambang Soesatyo (Bamsoet)
Bambang Soesatyo (Bamsoet)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) merasa geram dengan ditemukannya pungutan liar (pungli) pembagian bantuan sosial (bansos) dan bantuan pangan non-tunai (BPNT)  bagi warga terdampak Covid-19.

Karena itu, Bamsoet meminta Kementerian Sosial segera menindaklanjutinya dengan melaporkannya kepada pihak kepolisian guna mengungkap latar belakang dan mengusut tuntas adanya pungli tersebut.
"Kasus ini harus diungkap dengan tuntas dan oknum yang diduga terlibat dapat segera ditindak," tegas Bamsoet dalam pernyataannya, Jumat (30/7/2021).

Selanjutnya Bamsot meminta aparat untuk meningkatkan pengawasan terhadap petugas atau panitia penyaluran dana bantuan sosial tunai (BST) serta Program Keluarga Harapan (PKH) ataupun BPNT, agar penyalurannya tepat sasaran dan bisa bermanfaat. Disamping itu, bisa mencegah pungli maupun penyelewengan dana bansos oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Selain itu, Bamsot juga meminta komitmen Kemensos untuk memastikan bantuan-bantuan sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19 sesuai dengan data penerima bansos dan diterima secara penuh, disamping terus berupaya mengantisipasi ataupun mencegah terjadinya pungli atau penyelewengan.

"Kepada warga penerima PKH saya minta untuk dapat mengecek ulang bantuan yang diberikan serta melaporkan kepada aparat petugas atau kepolisian apabila terdapat pemotongan atau tidak menerima secara penuh, agar aparat dapat menelusuri dan menindaklanjuti aduan tersebut," pesan Bamsoet.(*)

Editor: Nova Anggraini

Terkini

Ada Apa? Giring Ganesha Sebut Anies Baswedan Pembohong

Selasa, 21 September 2021 | 22:55 WIB

Satgas Sebut Pandemi Covid-19 di Indonesia Terkendali

Selasa, 21 September 2021 | 18:55 WIB

Mulyanto Sambut Baik Indonesia Go Nuclear

Selasa, 21 September 2021 | 14:55 WIB
X