Ilham Wardhana Siregar, Tersangka Kasus Asabri Meninggal Dunia Akibat Sakit

- Minggu, 1 Agustus 2021 | 09:09 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Tersangka kasus dugaan korupsi pada PT Asabri, Ilham Wardhana Siregar meninggal dunia di Rumah Sakit An-Nisa Tangerang pada Sabtu (31/7) sore kemarin.

Kapuspenkum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan bahwa Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Timur akan segera menerbitkan Surat Ketetapan Penghentian Penuntutan (SKPP) setelah menerima surat keterangan kematian dikeluarkan pihak rumah sakit.

Baca Juga: Sejumlah Tokoh Indonesia Ini Ternyata Pernah Disuntik Vaksin Nusantara Terawan

"SKPP akan segera diterbitkan setelah menerima Surat Keterangan Kematian yang dikeluarkan oleh pihak Rumah Sakit An-Nisa Tangerang," ujar Leonard dalam keterangan, Sabtu (31/7).

Adapun Ilham Wardhana Siregar (IWS) selaku Kadiv Investasi PT Asabri periode Juli 2012 - Januari 2017 telah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara ini oleh oleh Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidus) Kejaksaan Agung pada 1 Februari 2021, bersama delapan tersangka perorangan lainnya.

Baca Juga: Pemerintah Arab Saudi Akan Berikan Sanksi Tegas ke Warganya yang Nekat Bepergian ke Indonesia

Kedelapan tersangka lainnya yakni, Sembilan tersangka tersebut adalah Dirut PT Asabri periode tahun 2011 - Maret 2016 (Purn) Mayjen Adam Rachmat Damiri dan Dirut PT Asabri periode Maret 2016 - Juli 2020 (Purn) Letjen Sonny Widjaja, Direktur Keuangan PT Asabri periode Oktober 2008-Juni 2014 Bachtiar Effendi, Direktur PT Asabri periode 2013 - 2014 dan 2015 - 2019 Hari Setiono.

Kemudian, Dirut PT Prima Jaringan Lukman Purnomosidi dan Direktur PT Jakarta Emiten Investor Relation Jimmy Sutopo. Lalu Dirut PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro dan Komisaris PT Trada Alam Minera Heru Hidayat.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Jampidsus berkas Ilham pun telah diserahkan dan dinyatakan lengkap (P21) oleh jaksa peneliti pada 28 Mei 2021. Kemudian diserahkan tanggung jawabnya kepada Direktorat Penuntutan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus dari Kejaksaan Negeri Jakarta Timur.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

Sambut Siaran TV Digital, Ini Tiga Langkah Mudah

Selasa, 28 September 2021 | 02:03 WIB

Cek! Ini Wilayah yang Bisa Perpanjang SIM Secara Online

Senin, 27 September 2021 | 18:26 WIB
X