Tak Lulus Administrasi, CPNS 2021 Bisa Protes Mulai Hari Ini!

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 11:55 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Mulai hari ini, pelamar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang tak lulus seleksi administrasi sudah bisa melakukan sanggah. Masa sanggah akan berlangsung selama tiga hari hingga 6 Agustus 2021.

Baca Juga: Perusahaan Ritel Tergerus Akibat Pandemi, Ketua DPR: Ayo Berinovasi

Masa sanggah adalah masa pengajuan protes yang diberikan kepada peserta seleksi yang tidak lulus dalam proses verifikasi berkas atau tahap administrasi.

Namun, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menekanakan, sanggah yang dilakukan harus karena kesalahan pihak instansi dan bukan peserta. Karena masa sanggah untuk membertahukan kekeliruan instansi dalam memverifikasi data bukan kesempatan bagi peserta untuk memperbaiki data yang salah.

Misalnya, peserta sudah mengirimkan semua persyaratan yang ditetapkan instansi sesuai dengan ketentuan, namun pada hasilnya diberitahukan tidak lulus karena satu poin. Jadi peserta bisa meneliti kesalahanny dan jika tidak salah maka bisa disanggah.

Baca Juga: PPKM Bikin Mobil Pribadi Jarang Dipakai, Apakah Masih Perlu Beli Asuransi Mobil?

Adapun keterangan alasan tidak lulus peserta bisa dilihat melalui akun masing-masing pada laman https://sscasn.bkn.go.id.

Setelah melihat alasannya, pelamar yang dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi bisa mengajukan sanggahan pada akun tersebut dengan menceritakan kronologis sanggahan.

"Kembali diingatkan, Masa Sanggah hanya untuk menyanggah hasil verifikasi administrasi Tidak Memenuhi Syarat (TMS) yang bukan disebabkan karena kesalahan pelamar. Jadi sekali lagi, masa sanggah bukan untuk memperbaiki kesalahan karena ketidaktelitian pelamar CASN 2021," ujar BKN yang dikutip Rabu (4/8/2021).

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

Ini Daftar Lengkap 150 Pati TNI yang Dimutasi

Kamis, 16 September 2021 | 17:40 WIB

Ingat! Jika Langgar Hal Ini PNS Bisa Dipecat

Kamis, 16 September 2021 | 17:10 WIB

150 Jabatan Strategis TNI Diisi Oleh Wajah Baru

Kamis, 16 September 2021 | 15:22 WIB
X