Curi Hasil Laut Kepri, 11 Kapal Ikan Asing Ditangkap PSDKP Batam

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 01:04 WIB
Kapal Trawl Ilegal Asal Malaysia saat ditangkap KKP. (Ist-Haluankepri.com)
Kapal Trawl Ilegal Asal Malaysia saat ditangkap KKP. (Ist-Haluankepri.com)


BATAM,HARIANHALUAN.COM- Sebanyak 21 unit kapal ikan pelaku ilegal fishing di wilayah laut Kepulauan Riau (Kepri), berhasil ditangkap pihak Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Batam.

Baca Juga: Milenial Rohil dan Polres Bersinergi Laksanakan Vaksinasi

Dari  21 unit kapal tersebut, 11 unit  diantaranya merupakan kapal ikan asing (KIA) dan 10 kapal ikan asal Indonesia yang melanggar ketentuan yang ada.

"Sampai saat ini, sudah ada 21 kapal yang berhasil kita amankan, diantaranya 11 kapal ikan asing dan 10 kapal asal Indonesia yang melanggar Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan,” kata Kepala Pangkalan PSDKP Batam, Salman Mokoginta saat dikonfirmasi via WhatsApp, Rabu (4/8/2021) siang.

Lanjutnya, dari 11 kapal asing, 3 berasal dari negara Malaysia dan 8 KIA berasal dari Vietnam. Seluruh kapal ikan asing tersebut tidak bisa menunjukkan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) dan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) saat dilakukan penangkapan.

Dia melanjutnya, pada Rabu (28/7/2021) lalu, pihaknya juga berhasil mengamankan 1 unit kapal ilegal fishing asal Malaysia dengan nomor lambung kapal PKFB 1603 di Selat Malaka.

Oleh karena itu, dari kapal tersebut ada 4 orang warga negara Myanmar yang berhasil diamankan dan masih dalam pemeriksaan selanjutnya.

 Ia juga menyampaikan, 10 kapal lokal yang ditangkap statusnya kini sudah putus di pengadilan. Hasil persidangan seluruh kapal lokasi dikembalikan kepada pemilik/nakhoda.

Salman mengimbau kepada pelaku usaha dibidang penangkapan ikan agar dapat melengkapi semua dokumen dan perizinan yang berlaku, sebelum melakukan kegiatan penangkapan.

Karena, semua tipe kapal lokal yang melakukan pengakapan ikan harus melengkapi dokumen dan izin penangkapan ikan.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: haluankepri.com

Tags

Terkini

Ini Daftar Lengkap 150 Pati TNI yang Dimutasi

Kamis, 16 September 2021 | 17:40 WIB

Ingat! Jika Langgar Hal Ini PNS Bisa Dipecat

Kamis, 16 September 2021 | 17:10 WIB

150 Jabatan Strategis TNI Diisi Oleh Wajah Baru

Kamis, 16 September 2021 | 15:22 WIB
X