Di Luar Jawa-Bali, Terjadi Peningkatan Pasien Rawat Inap Covid-19

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 05:35 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Sejumlah daerah di luar Pulau Jawa-Bali mengalami tren peningkatan pasien Covid-19 yang menjalani rawat inap dalam sepekan terakhir.

Baca Juga: Pandemi Covid-19, Disdukcapil Inhil Buka Layanan Online

"Trend rawat inap per 100.000 per minggu yang kita lihat terjadi peningkatan terutama terjadi di luar Jawa dan Bali," kata Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi, seperti dilansir Antaranews.com, Kamis (5/8/2021).

Namun di sisi lain, kata Nadia, penggunaan tempat tidur di rumah sakit untuk ruang isolasi dan ICU pasien COVID-19 dilaporkan mengalami penurunan yang signifikan.

Sejumlah provinsi yang masih memiliki keterisian tempat tidur isolasi lebih dari 80 persen yaitu Sumatera Barat, Bangka Belitung, Yogyakarta, Bali, Kalimantan Timur dan Gorontalo.

Sedangkan penggunaan tempat perawatan ICU yang lebih dari 80 persen berada di Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Banten dan Kalimantan Timur.

Nadia mengatakan pemantauan pergerakan penduduk menggunakan data Google Mobility juga terus dilakukan untuk memantau pergerakan dan potensi dampaknya dalam penambahan kasus.

Menurut Nadia, sudah mulai nampak adanya tanda-tanda peningkatan pergerakan penduduk di sejumlah provinsi yang berpotensi meningkatkan penyebaran COVID-19.

"Beberapa contoh provinsi yang menunjukkan adanya tanda-tanda kenaikan pergerakan terutama terjadi pada sektor ritel dan transit yang mempresentasikan pergerakan masyarakat di tempat-tempat seperti restoran, kafe, pusat perbelanjaan dan sebagainya," katanya.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: antaranews.com

Tags

Terkini

Ini Daftar Lengkap 150 Pati TNI yang Dimutasi

Kamis, 16 September 2021 | 17:40 WIB

Ingat! Jika Langgar Hal Ini PNS Bisa Dipecat

Kamis, 16 September 2021 | 17:10 WIB

150 Jabatan Strategis TNI Diisi Oleh Wajah Baru

Kamis, 16 September 2021 | 15:22 WIB
X