DPR RI Ungkap Persoalan Data Penerima Bansos, Desak Aparat Daerah Segera Validasi

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 09:34 WIB
Anggota DPR-RI Fraksi Nasdem Lisda
Anggota DPR-RI Fraksi Nasdem Lisda

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi VIII DPR-RI Fraksi Partai NasDem Lisda Hendrajoni menyebutkan masih ditemukan sekelumit persoalan terkait data penerima bantuan sosial (bansos). Mulai dari validasi data yang tidak akurat sampai jatah bansos yang 'disunat'.

Baca Juga: Lisda Hendrajoni Dorong Kebijakan Pemenuhan Hak Perempuan dan Anak

Lisda mengatakan bahwa pemerintah daerah harus memastikan akurasi data penerima bansos sehingga tepat sasaran dan menyasar masyarakat yang betul-betul membutuhkan untuk bertahan hidup ditengah pandemi.

"Kita prihatin data tentang penerima bansos masih saja simpang siur," kata politisi partai NasDem Lisda pada Kamis (5/8/2021).

Baca Juga: Lisda: Bansos Tunai juga Harus Menyasar Masyarakat yang Terkena Dampak PPKM Darurat

Dia menyatakan, hal pokok yang harus menjadi perhatian utama dalam pembagian bansos ialah bantuan kemanusiaan itu harus tepat sasaran. Artinya, penerima bansos haruslah warga yang benar-benar berhak mendapatkannya.

"Persoalan bansos dari waktu ke waktu berputar pada masalah yang itu-itu juga, yakni pembagian tidak tepat sasaran karena terjadi kolusi dan nepotisme dengan petugas yang membagikan, tidak merata, serta jatah bansos kerap 'disunat' sehingga yang diterima masyarakat tidak sesuai dengan jumlah yang seharusnya," tegasnya.

Baca Juga: Tidak Pernah Berjanji, Lisda Hendrajoni Tetap Bertemu Konstituennya

Kemudian, kata Lisda, persoalan lain yang tidak kalah peliknya, yakni data penerima bansos yang tidak valid dan lengkap sehingga pembagian bansos menjadi tidak merata. 

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

Cek! Ini Wilayah yang Bisa Perpanjang SIM Secara Online

Senin, 27 September 2021 | 18:26 WIB
X