Angka Kematian Covid-19 Masih Tinggi, Permintaan Peti Mati Tak Kunjung Berhenti

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 11:29 WIB
Ilustrasi peti mati (Foto: CNBC Indonesia)
Ilustrasi peti mati (Foto: CNBC Indonesia)


JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia sudah melewati fase puncak gelombang kedua Covid-19. Namun, di atas kertas dan lapangan angka kematian Covid-19 masih tetap tinggi.

Hal ini membuat permintaan terhadap peti mati masih tinggi. Pelaku pun harus harus bekerja ekstra lebih keras untuk bisa memenuhi permintaan masyarakat. Kenaikan permintaan juga tidak terhindari.

"Masih cukup tinggi lebih besar dari April dan Mei lalu, tentu meningkat 200% sampai 300% dibandingkan dari beberapa bulan lalu, dibanding sebelum sekarang ini," kata pemilik Gateway Human Remains Candra Tri Saktiyanto dilansir dari CNBC Indonesia, Kamis (5/8/2021).

Ia juga menyediakan jasa pengiriman jenazah dan menjadi operator resmi kargo jenazah di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Permintaan terhadap jasa pengiriman jenazah pun meningkat dalam beberapa waktu terakhir.

"Jadi memindahkan jenazah ke pesawat, nanti di tempat tujuan ada lagi yang menjemput biasanya lewat darat," sebut Candra.

Pengiriman jenazah lewat jalur udara umumnya dilakukan oleh sanak saudara dari lokasi rantau menuju kota asal yang lokasi keduanya cukup berjauhan.

Selain masyarakat, kebutuhan juga datang dari pemerintah daerah. Namun, ada perbedaan pembayaran antara keduanya.

Pembayaran untuk kebutuhan masyarakat biasanya jauh lebih mudah karena secara langsung, namun pembayaran dari pemerintah daerah biasanya memerlukan waktu yang lebih lama karena proses dan birokrasi.

"Permintaan ke kita biasanya langsung dari pemda, nggak baru-baru ini saja, tapi dari April tahun lalu, dan penagihan biasanya sebulan lah," kata Candra.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

Sambut Siaran TV Digital, Ini Tiga Langkah Mudah

Selasa, 28 September 2021 | 02:03 WIB

Cek! Ini Wilayah yang Bisa Perpanjang SIM Secara Online

Senin, 27 September 2021 | 18:26 WIB
X