Pemprov Riau Diminta Serius Kelola Aset Daerah

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 23:08 WIB
Gubri Syamsuar
Gubri Syamsuar

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM-Komisi III DPRD Riau yang membidangi aset daerah mendorong Pemprov Riau untuk melakukan upaya penyelamatan seluruh aset-aset dalam kondisi terbengkalai, khususnya venue bekas Penyelenggaran Pekan Olahraga Nasional (PON) pada tahun 2012 lalu.

Baca Juga: Heboh Dana Hibah alm. Akidi Tio, Kapolda Sumsel Diperiksa Selama 6 Jam

Ketua Komisi III DPRD Riau Husaimi Hamidi di Pekanbaru, Kamis, menilai Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau kurang serius dalam mengelola aset tersebut. Dia mengaku heran kenapa aset-aset yang bernilai fantastis tersebut dibiarkan terlantar sejak lama.

"Jadi saya lihat aset seperti barang yang ditelantarkan. Tidak ada yang serius untuk mengurusnya. Stadion Utama Riau yang begitu megah saja, lihatlah kondisinya sekarang dibiarkan saja hancur," ucap Husaimi Hamidi.

Husaimi menyebutkan diperlukan sinergitas untuk mengurai benang kusut permasalahan aset. Jika ingin serius, harus ada kerja khusus yang tersistem untuk mengembalikan aset-aset ini.

"Aset bekas PON ini kan beserak di Riau. Nah, diperlukan kerja khusus untuk mengurus ini," ucap politisi PPP itu.

Tak hanya sebatas aset PON, belum lama ini, pihaknya mengunjungi aset di sejumlah kabupaten/kota. Kondisinya sangat memprihatinkan, mulai dari bangunan yang sebagian material bangunannya sudah roboh, hingga lahan yang tidak diketahui lagi keberadaannya.

"Kita juga baru berkunjung ke Rokan Hilir (Rohil), ada aset yang bangunannya dari Pemprov, tanahnya dari pemkab. Ini kondisi asetnya sudah tinggal puing saja. Kemudian ada lagi di Peranap, Indragiri Hulu (Inhu), tanah seluas 60 hektare tapi sudah tidak jelas juga keberadaannya," ucap dia.

Husaimi mengatakan jika Pemprov kreatif, aset ini seharusnya dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik sehingga mendatangkan pemasukan bagi daerah. Tapi justru dibiarkan tak terurus sehingga yang terjadi sebaliknya menimbulkan kerugian bagi daerah.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: Antaranews.com

Tags

Terkini

Ini Daftar Lengkap 150 Pati TNI yang Dimutasi

Kamis, 16 September 2021 | 17:40 WIB

Ingat! Jika Langgar Hal Ini PNS Bisa Dipecat

Kamis, 16 September 2021 | 17:10 WIB

150 Jabatan Strategis TNI Diisi Oleh Wajah Baru

Kamis, 16 September 2021 | 15:22 WIB
X