Red Notice di 194 Negara Terbit, Masuki Wilayah Keanggotaan Interpol Harun Masiku Langusng Ditangkap!

Heldi Satria
- Jumat, 13 Agustus 2021 | 10:32 WIB
Buronan Harun Masiku
Buronan Harun Masiku


HARIANHALUAN.COM - Red Notice di 194 negara telah terbit. Tersangka kasus suap Harun Masiku akan langsung ditangkap jika melintas di negara yang masuk dalam keanggotaan Interpol.

"Langsung diamankan oleh negara yang mendeteksi dan diinfokan ke kita (Indonesia)," ujar Sekretaris NCB Interpol Indonesia, Brigjen Amur Chandra Juli Buana dikutip dari sindonews.com, Jumat (13/8/2021).

Baca Juga: Jonriswan Resmi Menjabat Sebagai Camat Enam Lingkung

Menurut Amur, apabila Harun Masiku melintas di jalur resmi atau pintu-pintu perlintasan suatu negara maka dipastikan akan langsung dapat terdeteksi oleh negara tersebut.

Nantinya, otoritas keamanan negara itu akan berwenang untuk menahan sementara Harun Masiku untuk kemudian diserahkan ke Indonesia. "Selanjutkan dilakukan proses handling over ataupun deportasi," kata Amur.

Baca Juga: Bank Nagari Siapkan Beasiswa untuk Pelajar Padang Panjang

Sekretariat NCB Interpol Indonesia Divisi Hubinter Polri juga telah mengirimkan surat khusus kepada anggota Interpol di ASEAN dan Asia Tenggara terkait dengan upaya penangkapan Harun Masiku.

"Kami kirim surat khusus melalui jalur i-24/7 tadi kepada khususnya teman-teman Interpol yang berdekatan wilayah ASEAN dan Asia Pasifik itu sudah kami kirim untuk mencekal menangani atau menangkap bila Subjek Red Notice melintas," ucap Amur. Baca juga: Penjelasan KPK Soal Nama Harun Masiku Tak Tercantum di Website Interpol

Nama Harun Masiku sendiri sudah terdaftar di situs resmi Interpol. Namun, penyidik memutuskan untuk tidak mempublikasi data Harun Masiku. (*)

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: sindonews.com

Tags

Terkini

X