Swab Antigen Gratis Sepi Peminat, Ini Alasan Warga

Dodi Caniago
- Jumat, 20 Agustus 2021 | 00:38 WIB
Salah seorangSeorang  warga melakukan Test Swab Antigen yang sepi peminat. (Ist-Haluanriau.co)
Salah seorangSeorang warga melakukan Test Swab Antigen yang sepi peminat. (Ist-Haluanriau.co)

 

PEKANBARU, HARIANHALUAN.COM - Dari 25 orang warga yang telah diswab, tidak ada satupun yang hasilnya positif Covid-19. Sayangnya yang hadir pada Giat Test Swab Antigen Gratis yang dilaksanakan Puskesmas Perawang itu sangat jauh dari target hari itu, sebanyak 200 warga.

Giat swab antigen gratis itu  dilaksanakan bagi warga rukun keluarga (RK) 02 Desa Perawang Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Kamis (19/8/2021). Lokasinya di halaman Mesjid Raudatul Jannah Perumahan Taman Perawang Indah (TPI).

Giat langsung dipimpin oleh dr. Intan dan dua orang perawat, serta didampingi Bhabinkamtibmas Desa Perawang Barat, Aiptu Khairul dan beberapa orang Ketua RT di lingkungan RK 02 Desa Perawang Barat, Kecamatan Tualang.

Penyebab rendahnya tingkat keikutsertaan warga mengkuti Swab Antigen kendati gratis tersebut, diungkapkan seorang warga RK 02 yang enggan disebutkan namanya.

Dia mengatakan, rendahnya animo warga untuk melakukan swab itu karena merasa takut.

"Kebanyakan warga masih takut, karena kalau hasilnya positif, mereka tidak bisa melakukan aktifitas, harus dikarantina, baik di rumah maupun tempat yang telah disediakan pemerintah," ujarnya, seperti dikutip Haluanriau.co.

Tidak itu saja, menurut dia ketakutan warga juga beralasan. Jika hasilnya positif terpapar corona, maka  bagi mereka yang bekerja swasta atau usaha sendiri, secara otomatis mereka tidak bisa beraktifitas untuk mencari nafkah.

Nah, lantas siapa yang akan menanggung biaya kehidupan keluarga mereka selama melakukan isolasi di rumah maupun di rumah sakit.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: Haluanriau.co

Tags

Terkini

X