Menkominfo Serukan Masyarakat Bahu Membahu Melalui Donor Plasma Konvalesen

Milna Miana
- Senin, 30 Agustus 2021 | 08:35 WIB
Menkominfo
Menkominfo

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah terus mendorong kolaborasi aktif semua pihak, khususnya masyarakat luas, dalam upaya penanganan pandemi COVID-19, salah satunya dengan berpartisipasi dan dan saling membantu dalam memberikan donor plasma konvalesen bagi yang membutuhkan.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyatakan bahwa gotong royong selalu menjadi kunci utama untuk mengantarkan bangsa Indonesia keluar dari berbagai situasi sulit. Dalam konteks pandemi saat ini, menurutnya hal itu kian relevan dan dibutuhkan.

Baca Juga: Menkominfo: Jangan Berburu Vaksin dengan Merek Tertentu

"Gotong royong dan saling bahu membahu dalam membantu sesama merupakan modal sosial kuat yang dimiliki bangsa Indonesia. Di situasi seperti inilah semangat gotong royong kian dibutuhkan, salah salah satu bentuk nyata yang bisa dilakukan masyarakat adalah dengan berkontribusi melalui donor plasma konvalesen," ujar Menkominfo Johnny, dalam keterangan tertulis yang diterima Harianhaluan.com, Senin (30/8/2021).

Saat ini banyak masyarakat yang kesulitan mencari donor plasma darah konvalesen. Namun banyak masyarakat yang harus menunggu lama untuk mendapatkan donor plasma konvalesen, bahkan hingga harus menyampaikan permintaan di media sosial untuk mencari pertolongan.

Baca Juga: Catat Ya! Plasma Konvalesen tak Efektif untuk Pasien Bergejala Berat

Melihat kondisi tersebut, Menteri Johnny mengapresiasi berbagai inisiatif masyarakat dan tenaga medis dalam memberikan donor plasma konvalesen kepada para pasien COVID-19.

Salah satu inisiatif yang patut menjadi teladan untuk masyarakat adalah D.O.T.S. atau Dorplas On The Spot, screening donor plasma konvalesen & donor darah, yang digagas oleh ExCov Community.

Koordinator Lapangan Wilayah Jabodetabek ExCov Community IGN Indra menjelaskan, D.O.T.S dihadirkan untuk mempermudah para penyintas dan kandidat potensial pendonor plasma konvalesen dalam berkontribusi membantu sesama.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

X