Audy Joinaldy Optimis Sumbar Bisa Jadi Produsen Utama Madu Galo-galo di Indonesia

- Sabtu, 18 Maret 2023 | 15:40 WIB
Wagub Audy Optimis Sumbar Bisa Jadi Produsen Utama Madu Trigona di Indonesia  (Humas Pemprov Sumbar )
Wagub Audy Optimis Sumbar Bisa Jadi Produsen Utama Madu Trigona di Indonesia (Humas Pemprov Sumbar )

HARIANHALUAN.COM - Wagub Sumbar, Audy Joinaldy Optimis Sumbar bisa menjadi produsen utama madu galo-galo atau trigona di Indonesia.

Hal itu disampaikan pada penutupan Sekolah Lapang Budidaya Lebah madu dan Perbanyakan Koloni di Padang Pariaman, Jumat, 17 Maret 2023.

Audy memastikan bahwa program bantuan budidaya lebah madu galo-galo yang intensif digulirkan dalam dua tahun terakhir, akan terus dilanjutkan karena terbukti memberikan hasil bagi para petani hutan dan kelompok perhutanan sosial di Sumbar.

Baca Juga: Jadi Kenangan Indah Bulan Madu, Ini Pesona Pulau Pasumpahan Sumatera Barat yang Bikin Geleng Kepala

"Bukan sesuatu yang mustahil menjadikan Sumbar sebagi produsen utama lebah madu galo-galo di Indonesia," ujarnya.

Audy menyampaikan, saat ini Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang paling agresif dalam pembudidayaan lebah madu Galo-Galo. Program pengembangan budidaya Lebah madu Galo-galo ini juga terus dilakukan secara berkelanjutan. Bukan hanya membagikan bantuan berupa stup lebah madu, tapi diiringi dengan pelatihan budidaya dan pengembangan hilirisasi produk.

"Terbukti Kelompok Tani Hutan mampu mengembangkan sendiri usaha budidaya Lebah madu Galo-galo. Meningkat dari hanya memanen madu, hingga mampu melakukan perbanyakan koloni, bahkan hilirisasi produk hasil budidaya," terangnya.

Baca Juga: Terbang ke Eropa, Song Joong Ki dan Katy Louise Bulan Madu? Agensi Buka Suara

Audy juga mengatakan, dampak nyata pergerakan ekonomi masyarakat petani hutan yang dihasilkan dari program budidaya Lebah madu Galo-galo ini sudah mulai terasa.

"Dengan harga per liter saat ini berkisar antara Rp800 ribu hingga satu juta rupiah, budidaya Lebah madu Galo-galo ini menurutnya terbukti menggerakkan ekonomi secara riil," katanya. (ADPSB)

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X