Kabar Gembira dari Gubernur Sumbar, Tahun Ini Transformasi Pembangunan Ekonomi Dimulai

- Selasa, 21 Maret 2023 | 23:43 WIB
Kabar Gembira dari Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Tahun Ini Transformasi Pembangunan Ekonomi Dimulai. (Humas Pemprov Sumbar )
Kabar Gembira dari Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Tahun Ini Transformasi Pembangunan Ekonomi Dimulai. (Humas Pemprov Sumbar )

HARIANHALUAN.COM - Kabar gembira dari Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah. Tahun ini transformasi pembangunan ekonomi dimulai.

Kabar tersebut disampaikannya saat membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sumatera Barat Tahun 2024 di Padang, Selasa, 21 Maret 2023.

Mahyeldi menyebutkan secara perlahan pihaknya akan melakukan transformasi struktur pembangunan ekonomi di Provinsi Sumatera Barat, dari yang awalnya bertumpu kepada sumber daya alam, kedepan akan dialihkan ke sektor hilir yakni perdagangan dan jasa modern melalui optimalisasi pada bidang lapangan usaha pertanian, perdagangan dan industri serta pariwisata.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Dapat Laporan, Pengiriman Minyak Goreng Masih Terkendala

Mahyeldi menilai ini penting, karena sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 melalui transformasi.

“Pasca pandemi Covid-19, ekonomi daerah mengalami perlambatan, kita perlu merubah fokus struktur pembangunan ekonomi kearah hilirisasi secara bertahap, kita tidak bisa terus bergantung kepada Sumber Daya Alam tapi mulai masuk ke sektor perdagangan dan jasa modern, hal itu juga sesuai dengan arahan Presiden RI dalam berbagai kesempatan tentang percepatan pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya.

Mahyeldi meyakini, tahun 2021-2023 adalah waktu yang tepat untuk meletakkan fondasi transformasi ekonomi daerah, agar memiliki daya saing manufaktur kedepannya.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Mahyeldi Pantau Ketersediaan Harga Bahan Pokok, Hasilnya Ternyata...

Mahyeldi juga menyebutkan sektor perdagangan dan jasa modern cukup cocok untuk diterapkan karena sesuai dengan karakter masyarakat Sumbar yang mayoritas berdagang dan bertani. (ADPSB)

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X