Anies Baswedan Bantah Curi Start Kampanye: Tetap Ikuti Aturan Dong!

- Jumat, 24 Maret 2023 | 11:07 WIB
Anies Baswedan Bantah Curi Start Kampanye: Tetap Ikuti Aturan Dong! (tangkapan gambar instagram @totalpolitikcom)
Anies Baswedan Bantah Curi Start Kampanye: Tetap Ikuti Aturan Dong! (tangkapan gambar instagram @totalpolitikcom)

HARIANHALUAN.COM - Anies Baswedan yang merupakan salah satu bakal calon Presiden di usung oleh Koalisi perubahan yang terdiri dari NasDem, Demokrat, dan PKS membantah dirinya disebut mencuri start kampanye untuk Pemilihan Presiden 2024.

Anies Baswedan membantah dirinya melakukan kampanye lebih awal atau mencuri start dalam kontestasi Pilpres 2024.

Mantan Gubernur DKI ini menilai, pernyataan "mencuri start" yang sering ditudingkan kepada dirinya yang melakukan lebih dulu berkampanye kurang tepat.

Baca Juga: Keritik Capres Anies Baswedan, Zulfan: Koalisi Perubahan Narasi Perubahan yang Dipertanyakan

Anies Baswedan bicara apa yang dilakukan Koalisi Perubahan saat ini merupakan akselerasi bukan curi start kampanye.

Merespons itu, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mengingatkan Anies untuk tetap mengikuti aturan yang berlaku. 

“Tentu mas Anies punya pembelaan tersendiri terhadap itu,silahkan saja nggak ada masalah bagi kami. Tapi yang jelas kami berpedoman pada PKPU No.3 tentang bagaimana melakukan sosialisasi dan lain-lan. Ya silahkan, tetap ikut aturan dong kan kita sudah masa pemilu, kalau sudah masa pemilu maka mengikuti aturan UU pemilu dan peraturan di bawahnya” Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja dikutip Harianhaluan.com dari Instagram @totalpolitikcom.

Baca Juga: Politisi PDI-P Sebut Anies Baswedan Jahat dan Menyesatkan, Ada Apa?

"Tapi yang jelas kami tetap berpedoman pada PKPU Nomor 3 tentang bagaimana melakukan sosialisasi, dan juga hak kebebasan untuk kemudian melakukan sosialisasi, dan lain-lain. Dibatasi juga dengan misalnya menghormati tempat ibadah sebagai arena untuk tidak melakukan tindakan politik praktis di tempat ibadah," sambungnya. 

Bagja mengimbau pada saat sosialisasi untuk tidak mempromosikan diri. Dia juga meminta untuk mematuhi aturan terkait kegiatan sosialisasi sebelum masa kampanye. 

Sebelumnya, Anies Baswedan bicara mengenai akselerasi yang dilakukan oleh Koalisi Perubahan, yang terdiri dari PKS, NasDem, dan Partai Demokrat. Ia menyebut akselerasi tersebut bukan curi start kampanye. 

 ”Hari ini yang kita miliki bukan mencuri start, kalu mencuri start kesanya seperti tengok kanan-kiri nyelonong. Bukan, ini adalah head start bukan mencuri start. Ya ini dalam Pendidikan Namanya akselerasi. Yang akselerasi bukan saya, 3 partai ini, 3 partai ini yang melakukan akselerasi,” Anies Baswedan dari Instagram @totalpolitikcom.

Kendati demikian, Anies menampik jika dirinya yang melakukan akselerasi. Menurut dia, tiga parpol yang tergabung dalam Koalisi Perubahan itulah yang disebut melakukan akselerasi.

Anies menyampaikan hal itu saat menghadiri acara dialog kebangsaan dan silahturahmi lintas tokoh Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Jaya. Menurut Anies, anggapan curi start tak benar lantaran terkesan mendahului tanpa permisi. 

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Instagram @totalpolitikcom

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X