Berkah Ramadan Pelaku UMKM di Kabupaten Agam Mulai Bergairah

- Jumat, 24 Maret 2023 | 20:49 WIB
Bupati Agam Andri Warman meninjau pedagang takjil di kabupaten tersebut (AMC News)
Bupati Agam Andri Warman meninjau pedagang takjil di kabupaten tersebut (AMC News)

HARIANHALUAN.COM - Bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Ramadan memberi berkah tersendiri. Pasalnya, Ramadan menjadi momentum peningkatan penghasilan.

Pendapatan para pelaku usaha, khususnya yang bergerak di bidang makanan dan minuman mengalami peningkatan dibandingkan hari biasa.

Wakil Ketua Forum UMKM Agam, Fitria Amrina menyampaikan, usaha makanan dan minuman untuk kebutuhan berbuka puasa menjamur pada Ramadan. Hal ini sudah dimulai sejak awal Ramadan.

Baca Juga: Wali Kota, Forkopimda dan Tokoh Masyarakat Bukittinggi Terbitkan Seruan Bersama Ramadan 1444 H

Menurutnya, fenomena itu terjadi karena pelaku usaha melihat peluang dari kebiasaan masyarakat ngabuburit sembari menanti waktu berbuka puasa.

“Peluang inilah yang dimanfaatkan masyarakat, sembari ngabuburit warga yang berlalu lalang disuguhkan beragam menu berbuka puasa,” katanya, Jumat 24 Maret 2023.

Fitria tak memungkiri, perputaran uang terbilang cukup besar selama ngabuburit. Ia mencontohkan ratusan masyarakat yang mendadak menjadi penjual takjil musiman.

Baca Juga: Isi Kekosongan Posisi Strategis, Puluhan ASN di Kota Bukittinggi Dimutasi

”Bisa dibayangkan berapa perputaran uang yang terjadi. Menurut kami Ramadan menjadi momentum dimana perekonomian pelaku usaha bergerak,” kata dia.

Kondisi ini diamini Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Agam, Drs Dedi Asmar. Dikatakan, momentum Ramadan memang kerap dimanfaatkan pelaku UMKM.

Menurutnya, kebutuhan masyarakat mengalami peningkatan selama Ramadan. Kondisi inilah yang dimanfaatkan pelaku UMKM atau pedagang musiman untuk mendulang pundi-pundi penghasilan.

Baca Juga: Carikan Solusi Transportasi Modern di Alahan Panjang, Wagub Sumbar Audy Hadirkan Alpajek

“Hal ini tentu menjadi peluang bagi pelaku UMKM untuk menuai berkah Ramadan,” ujarnya. ***

Editor: Vesco Davian

Sumber: Agam Media Center

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPKH Siap Bantu Konversi Bank Nagari ke Syariah

Jumat, 9 Juni 2023 | 18:39 WIB
X