Jangan Anggap Sepele, Paru-paru OTG Bisa Rusak akibat Covid-19


Rabu, 01 Juli 2020 - 14:02:35 WIB
Jangan Anggap Sepele, Paru-paru OTG Bisa Rusak akibat Covid-19 ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

HARIANHALUAN.COM – Virus corona atau COVID-19 bermanifestasi berbeda pada berbagai pasien. Beberapa mungkin hanya menderita penyakit ringan. Yang lain lebih buruk, karena mereka berjuang dengan penyakit yang lebih parah. 

Menariknya, ada orang yang tidak mengalami gejala apapun meski sudah terinfeksi virus ini, orang-orang ini disebut sebagai orang tanpa gejala (OTG). Namun, ini tidak berarti mereka terhindar dari risiko virus. 

Seorang pemeriksa medis telah mengungkapkan bahwa bahkan pasien tanpa gejala atau orang yang tidak menunjukkan gejala COVID-19 (OTG), walaupun mereka sudah memiliki virus, mengalami beberapa efek negatif. 

Pemeriksa medis Pinellas dan Pasco County, Dr. Jon Thogmartin baru-baru ini mengungkapkan, betapa buruknya virus corona merusak paru-paru pasien yang menderita bentuk parah dari penyakit ini, demikian menurut laporan Fox6Now.com. 

"Astaga, aku benar-benar tidak tahu bagaimana mengatakannya supaya tidak menjadi mengerikan, itu (COVID-19) akan menghancurkan paru-paru. Biarkan saya katakan. Ketika orang tersebut meninggal, Anda dapat menemukan paru-paru yang tidak terlihat dan terasa seperti bukan paru-paru lagi," kata Thogmartin, menggambarkan paru-paru yang dilihatnya selama pemeriksaan post-mortem pada orang yang telah terinfeksi virus, dikutip Medical Daily, Rabu 1 Juli 2020. 

Para ilmuwan di Scripps Research Institute membuat penemuan mengejutkan bahwa orang-orang yang tidak menunjukkan gejala juga mengalami sejenis kerusakan paru-paru. Mereka mengetahui hal ini setelah memeriksa CT scan pasien COVID-19 tanpa gejala dari kapal pesiar. Mereka memerhatikan, orang-orang tersebut mengalami kerusakan paru-paru meski statusnya OTG. 

Awal tahun ini, Johns Hopkins Medicine membahas dampak virus corona terhadap paru-paru. Menurut para ahli di Johns Hopkins Bayview Medical Center, virus corona dapat menyebabkan pneumonia dan sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS) pada sebagian besar kasus yang parah. 

Pasien akan mengalami kesulitan bernapas karena paru-paru mereka dipenuhi dengan cairan dan meradang. Kantung udara akan kesulitan mengambil oksigen dan ini akan menyebabkan sesak napas serta batuk. Ketika pasien mengembangkan ARDS, mereka tidak akan bisa bernapas tanpa alat bantuan. 

Oleh karena itu, mereka membutuhkan ventilator. ARDS bisa berakibat fatal, tetapi pasien yang sembuh dari penyakit tersebut juga bisa pulih dari COVID-19. (*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 11 Juli 2020 - 18:16:16 WIB

    Jangan Pakai Masker Terlalu Tebal, Ini Alasannya

    Jangan Pakai Masker Terlalu Tebal, Ini Alasannya HARIANHALUAN.COM - Masker kain menjadi salah satu masker yang paling banyak diminati masyarakat. Selain modelnya yang beragam, masker kain juga termasuk masker yang dianjurkan untuk mencegah paparan virus Corona COVID-19..
  • Selasa, 07 Juli 2020 - 19:55:33 WIB

    Jangan Asal Minum Madu, Begini Aturannya agar Bermanfaat untuk Kesehatan

    Jangan Asal Minum Madu, Begini Aturannya agar Bermanfaat untuk Kesehatan HARIANHALUAN.COM - Madu merupakan cairan alami yang kaya manfaat. Madu dapat diminum setiap hari, tapi tak boleh berlebihan karena tinggi gula. Berikut aturan minum madu agar bermanfaat untuk kesehatan..
  • Selasa, 30 Juni 2020 - 07:48:01 WIB

    Jangan Salah Paham, Kenali Fakta Penting Mengenai Selaput Dara

    Jangan Salah Paham, Kenali Fakta Penting Mengenai Selaput Dara HARIANHALUAN.COM – Vagina adalah bagian tubuh yang menarik untuk diteliti mulai dari bentuk, fungsi, hingga aromanya yang khas. Meski anatominya mudah dipahami, namun tak semua paham mengenai fungsi kerja tiap organnya te.
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 14:27:33 WIB

    Jangan Kalap, Makanan Ini Bikin Lemak Numpuk di Hati

    Jangan Kalap, Makanan Ini Bikin Lemak Numpuk di Hati HARIANHALUAN.COM – Organ hati memiliki fungsi penting untuk membuang racun di tubuh. Namun, hal tersebut bisa terhambat jika organ hati mengalami gangguan termasuk lemak yang menumpuk atau perlemakan hati..
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 11:09:13 WIB

    Jangan Sembarangan Merokok di Bus AKAP, Ini Aturannya

    Jangan Sembarangan Merokok di Bus AKAP, Ini Aturannya HARIANHALUAN.COM – Bus antar kota antar provinsi (AKAP) merupakan moda transportasi darat yang masih menyediakan ruang merokok untuk penumpangnya. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]