Pemerintah Jamin Tarif Listrik Tidak Naik Hingga Akhir Tahun


Rabu, 01 Juli 2020 - 14:45:30 WIB
Pemerintah Jamin Tarif Listrik Tidak Naik Hingga Akhir Tahun Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kementerian ESDM menegaskan bahwa hingga akhir tahun pemerintah sama sekali tidak mengambil keputusan untuk menaikkan tarif listrik. Tarif listrik masih tetap sama tanpa penyesuaian.

Soal keluhan soal kenaikan tagihan listrik, menurut Dirjen Ketenagalistrikan Rida Mulyana bukan disebabkan oleh naiknya tarif listrik, melainkan karena meningkatnya pemakaian listrik.

"Pada kesempatan ini kami tekankan, pemerintah sampai saat ini tidak mengambil keputusan untuk menaikkan tarif listrik hingga akhir tahun. Kalau ada kenaikan tagihan listrik bulanan itu semata-mata karena kenaikan pemakaian," ujar Rida dalam konferensi pers virtual via YouTube BNPB, Rabu (1/7/2020).

Sementara itu, misalnya ada masyarakat yang mau melakukan pengaduan soal layanan listrik, khususnya soal subsidi listrik, Rida menyarankan bisa langsung ke web Kementerian ESDM. Ataupun lewat aplikasi Pengaduan kepesertaan subsidi listrik (Peduli).

"Kalaupun ada pengaduan, kami sediakan salurannya sejak 2017 berbasis web, untuk tahun ini kita lengkapi alat memudahkan aduan itu dengan luncurkan program peduli berbasis mobile. Bisa mudahkan masyarakat secara mandiri adukan aduannya, misalnya bahwa yang bersangkutan bisa dapat subsidi," papar Rida.

Sebagai informasi, untuk tahun depan, anggaran subsidi listrik dalam RAPBN 2021 ditetapkan sebesar Rp 50,47-54,55 triliun. Angka ini turun dari anggaran yang ditetapkan pada tahun ini sebesar Rp 54,79 triliun.

"Dengan penetapan kebijakan subsidi listrik tepat sasaran serta mendukung asumsi makro yang baik dan efisiensi PLN, subsidi listrik dan biaya pokok penyediaan dipastikan turun 2021. Meskipun tidak ada pencabutan subsidi dan sama dengan kebijakan subsidi 2020 penerapan ke 25 golongan," ujar Arifin dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR, Senin (29/6/2020).(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 30 Juni 2020 - 00:03:13 WIB

    Gerindra Dorong Pemerintah Subsidi Kuota Internet untuk Pelajar hingga Santri

    Gerindra Dorong Pemerintah Subsidi Kuota Internet untuk Pelajar hingga Santri HARIANHALUAN.COM - Partai Gerindra mendorong pemerintah untuk memberikan subsidi kuota internet kepada pelajar, santri, dan mahasiswa. Subsidi itu untuk memperlancar proses belajar daring atau online karena virus Corona (COVI.
  • Ahad, 28 Juni 2020 - 20:58:39 WIB

    Pemerintah Siapkan Aturan Gowes di Jalan Raya

    Pemerintah Siapkan Aturan Gowes di Jalan Raya HARIANHALUAN.COM – Tren beraktivitas dengan menggunakan sepeda meningkat selama virus corona masih menyebar Indonesia, apalagi banyak yang beranggapan bahwa berkendara dengan menggunakan sepeda itu mura, dan cendung lebi.
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 21:50:59 WIB

    Pengamat: Jika Premium Mau dihapus, Pemerintah Harus Konsisten

    Pengamat: Jika Premium Mau dihapus, Pemerintah Harus Konsisten HARIANHALUAN.COM - Pengamat Energi dari Reforminer Institute Komaidi Notonegoro menilai bahwa pemerintah tidak konsisten dalam penerapan bahan bakar minyak (BBM) yang berkualitas pada masyarakat. Hal itu ditandai dengan perub.
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 09:14:15 WIB

    Arab Saudi Tetap Gelar Ibadah Haji 2020, Begini Sikap Pemerintah RI

    Arab Saudi Tetap Gelar Ibadah Haji 2020, Begini Sikap Pemerintah RI HARIANHALUAN.COM – Demi alasan keselamatan di tengah wabah Covid-19, Kerajaan Arab Saudi, pada Senin 22 Juni 2020, pukul 21.30 waktu setempat, memutuskan untuk menggelar ibadah haji 1441H/2020M hanya secara terbatas untuk W.
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 20:50:40 WIB

    Pemerintah Ajukan Banding Kasus Pemblokiran Internet di Papua

    Pemerintah Ajukan Banding Kasus Pemblokiran Internet di Papua HARIANHALUAN.COM - Pemerintah mengajukan banding atas putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang memutus bersalah Presiden Jokowi dan Menkominfo dalam kasus pemblokiran internet di Papua pada Agustus 2019..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]