Hakim PN Padang Tolak Eksepsi Terdakwa Muzni Zakaria


Rabu, 01 Juli 2020 - 17:29:08 WIB
Hakim PN Padang Tolak Eksepsi Terdakwa Muzni Zakaria Sidang agenda putusan atas terdakwa Bupati Solok Selatan non aktif, Muzni Zakaria.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Bupati Solok Selatan, non aktif Muzni Zakaria kembali duduk di kursi pesakitan, Pengadilan Negeri (PN) Klas 1A Padang, dengan agenda pembacaan putusan sela Majelis Hakim.

Dihadapan terdakwa yang didampingi Penasehat Hukum (PH) serta jaksa penuntut umum, mejelis hakim yang diketuai oleh Yoserizal menolak keberatan (eksepsi) dari pihak terdakwa. 

"Menyatakan menolak pembelaan dari terdakwa dan sidang dilanjutkan dengan menghadirkan saksi-saksi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU)," ujar Yose Rizal didampingi hakim anggota M. Takdir dan Zaleka," Rabu (1/7/2020).

Menanggapi hal itu, JPU Komisi Pemberantasan Korupsi, Riki B. Maghaz, Cs akan menghadirkan saksi dari pihaknya sesuai dengan permintaan majelis hakim. 

"Kami akan menghadirkan dua saksi dalam persidangan berikutnya," katanya. 

Diketahui, berdasarkan dakwaan Muzni diduga telah menerima uang dari pengusaha Muhammad Yamin Kahar sebesar Rp25 juta, kemudian uang Rp100 juta, berupa karpet masjid senilai Rp50 juta, dan terakhir Rp3,2 miliar, sehingga totalnya Rp3,375 miliar.

Dugaan penerimaan suap itu berupa dua paket pembangunan Masjid Agung Solok Selatan tahun anggaran 2018, dan pekerjaan jembatan Ambayan Solok Selatan tahun anggaran 2018.

Perbuatannya dinilai telah bertentangan dengan kewajibannya selaku Bupati Solok Selatan sebagaimana diatur pasal 5 angka 4, dan pasal 5 angka 6 Undang-undang RI Nomor 28 tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang bersih dan bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme.

Jaksa mendakwa Muzni Zakaria dengan dakwaan alternatif yaitu pertama pasal 12 huruf b UU Tindak Pidana Korupsi, dan kedua pasal 11 Undang-undang yang sama.

Sementara pengusaha pemberi suap bernama Muhammad Yamin kahar sebelumnya telah divonis bersalah oleh majelis hakim dan dijatuhkan hukuman 2,5 tahun penjara.(*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 24 Juni 2020 - 19:01:59 WIB

    JPU Minta Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa Muzni Zakaria

    JPU Minta Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa Muzni Zakaria HARIANHALUAN.COM - Atas keberatan yang diajukan penasehat hukum (PH) terdakwa Muzni Zakaria, yang merupakan Bupati non aktif Solok Selatan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Tindak Pidana Korupsi bersikeras bahwa dakwaan sudah memenu.
  • Kamis, 04 Agustus 2016 - 04:47:23 WIB
    MENUJU OLIMPIADE INTERNASIONAL

    Abdul Hakim Memohon Doa

    Abdul Hakim Memohon Doa PAYAKUMBUH, HALUAN—Seorang pelajar kelas VI SD Islam Raudhatul Jannah (SDI-RJ), Abdul Ha­kim Yafi, saat ini tengah berjuang mem­pere­butkan tiket Olimpiade In­ternasional. Dia harus lolos seleksi Inter­national Ma­the.
  • Selasa, 29 Maret 2016 - 03:39:50 WIB

    Putusan Hakim Dinilai Tak Masuk Akal

    PADANG PANJANG, HALUAN — Putusan hakim Pengadilan Negeri (PN) Padang Panjang terkait persi­dangan kasus penganiayaan yang melibatkan terdakwa Desi Susanti dan Rudi Bakhrizal, Kamis (24/3) lalu, dipastikan bakal berlanjut m.
  • Kamis, 27 Agustus 2015 - 19:28:46 WIB

    PN Solok Tetapkan Hakim Kasus Wako Solok dan Wakilnya

    SOLOK, HALUAN — Pe­nga­dilan Negeri (PN) Solok te­lah menetapkan majelis ha­kim yang akan menangani per­kara perdata tentang gu­ga­tan Walikota Solok, Irzal Il­yas terhadap Wakil Wali­ko­ta Sol.

  • Selasa, 02 Juni 2015 - 19:06:17 WIB

    Dimutasi, PN Painan Hanya Punya 3 Hakim

    JAKARTA, HALUAN — Pro­mosi dan mutasi Mahkamah Agung (MA) pada akhir Mei 2015 merotasi ratusan ha­kim. Sayang, dalam rotasi ini malah menyisakan catatan khusus di Pengadilan Negeri (PN) Painan, Sumater.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]