Perkuat Peran Perangkat Adat Nagari, Mulyadi Ingin Wujudkan Kepemimpinan Tungku Tigo Sajarangan


Rabu, 01 Juli 2020 - 19:35:23 WIB
Perkuat Peran Perangkat Adat Nagari, Mulyadi Ingin Wujudkan Kepemimpinan Tungku Tigo Sajarangan Mulyadi

HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Barat (Sumbar) II Mulyadi menyebutkan, penguatan perangkat Adat Nagari menjadi salah satu unsur untuk memperkuat kehidupan sosial di Ranah Minang. Ia menilai hal itu penting agar ada-adat Minang tetap terjaga.

Mulyadi ingin budaya tetap terjaga di Minang. Semisal narkoba ataupun LGBT. Artinya Semua yang berdampak buruk bagi generasi muda.

Lebih lanjut ia mengatakan, masyarakat Minangkabau beruntung punya prinsip Tungku Tigo Sajarangan. Niniak Mamak, Alim Ulama dan Cadiak Pandai yang harus mengambil peran lebih ke dalam pemerintahan nagari guna memberi saran kepada suatu kebijakan.

"Tungku Tigo Sajarangan yang menjadi ikon di Nagari di Minang itu mari kita kawal bersama supaya teraplikasi dengan baik di seluruh nagari Sumbar, sehingga masalah sosial dan ekonomi yang terjadi dapat diselesaikan di tingkat nagari. Inilah tugas pemimpin ke depan," kata Mulyadi.

Selain kehidupan sosial, Mulyadi juga menyampaikan, kehidupan ekonomi juga bisa diatur dan dikendalikan di tingkat nagari. Kesulitan ekonomi yang dirasakan emak-emak menurut Mulyadi karena peran perangkat nagari belum dimaksimalkan. 

Pemerintahan terbawah di Sumbar itu justru lebih paham dan dekat dengan masyarakat. Sehingga solusi dari pemerintah nagari harus diutamakan. Hal-hal itu yang akan jadi rencana Mulyadi jika mendapat amanah dari masyarakat Sumbar.

"Semua elemen di nagari harus benar-benar difungsikan," pungkas Mulyadi. (*)

loading...
 Sumber : rilis /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]