Wisuda Daring, Wisudawan Hukum Unand Ini Pindahkan Jambul Toga di Puncak Marapi


Rabu, 01 Juli 2020 - 19:47:40 WIB
Wisuda Daring, Wisudawan Hukum Unand Ini Pindahkan Jambul Toga di Puncak Marapi Mahasiswa Hukum Unand yang wisuda daring dari puncak marapi.

HARIANHALUAN.COM - Banyak cara dilakukan beberapa orang setelah mencatatkan keberhasilan, seperti lulus sekolah, kuliah tercapai atau langsung diterima bekerja. Selain berpesta dengan kerabat, tentu pencapaian tersebut lazim dirayakan dengan cara memanjatkan puji syukur dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Namun hal berbeda dilakukan oleh seorang Mahasiswa Hukum Universitas Andalas (Unand), Muhammad Nasir pada pergelaran wisuda kedua yang dilaksanakan oleh kampus hijau ini. Prosesi wisuda yang dilakukan Selasa (30/6/2020) kemaren via daring, Nasir memilih merayakan pemindahan jambulnya di puncak Gunung Marapi, Sumbar. Hal tersebut dilakukan lantaran kondisi pandemi yang melanda Indonesia saat ini. 

"Unand sudah mengambil keputusan yang tepat dan bijaksana untuk melaksanakan wisuda daring atau online yang pertama," katanya kepada Harianhaluan.com

Nasir memahami keputusan Unand melaksanakan wisuda secara daring demi menjaga, memelihara dan menghindari kerumunan pada era pandemi saat ini. Dikarenakan tidak dilaksanakan wisuda secara langsung, maka Ia berfikir melaksanakan wisuda dengan moment yang berbeda yakni di puncak Gunung Marapi.

"Tujuan saya melaksanakan wisuda di gunung lebih kepada universal, sebagai pesan kepada wisudawan era pandemi yang kehilangan momen langsung bersama teman-teman di kampus," tambahnya.

Berhubungan dengan itu, pada kondisi saat ini, Nasir manyadari bahwa melaksanakan wisuda dengan mengumpulkan banyak orang dalam suatu ruangan akan sangat beresiko terjadi ledakan kasus virus Corona. "Pada dasarnya dimanapun kita di wisuda adalah suatu permulaan untuk memunculkan karya baru. Bangsa dan negara sedang menunggu generasi yang luar biasa," katanya.

Muhammad Nasir menamatkan pendidikan di Unand dengan lama studi empat tahun 11 bulan serta IPK 3,80 dan predikat Bintang Aktivis Kampus dari Unand. "Sebenarnya studi kuliah sudah selesai di semester tujuh, namun karena ada tawaran dari ketua bagian untuk melaksanakan riset ke negara Eropa yakni Slovakia melalui program student mobility, kemudian sepulang dari Eropa saya juga langsung berangkat ke Kalimantan Barat untuk magang kemanusian selama satu bulan," katanya. (*)
 

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]