Sempat Alami Hujan Deras Hingga Gempa, Begini Perjuangan Nasir Wisuda di Gunung Marapi


Rabu, 01 Juli 2020 - 22:19:29 WIB
Sempat Alami Hujan Deras Hingga Gempa, Begini Perjuangan Nasir Wisuda di Gunung Marapi Nasir saat wisuda di Gunung Marapi

HARIANHALUAN.COM - Selasa (30/6/2020) untuk pertama kalinya Universitas Andalas (Unand) melaksanakan wisuda secara daring atau online melalui aplikasi zoom. Langkah tersebut diambil sebagai upaya antisipasi penyebaran Covid-19 yang masih melanda Sumbar sampai saat ini.

Tidak ingin menciptakan hal yang biasa, seorang wisudawan Fakultas Hukum Unand memilih Gunung Marapi sebagai tempat perayaan wisuda sekaligus pemindahan jambul toga. 

"Prosesi wisuda merupakan momen yang sangat dinanti-nanti apalagi berkumpul bersama kerabat dan teman-teman di kampus, namun saat ini kondisinya sedikit berubah dan harus berlapang dada mengingat wabah yang belum berakhir, karena akan sangat beresiko jika wisuda dilaksanakan seperti biasa" katanya kepada Harianhaluan.com, Rabu (1/7/2020).

Menuju Gunung Marapi, Nasir beserta rombongan menggunakan sepeda motor pada Senin (29/6/2020) pukul 14.00 WIB dan sampai pada Selasa (30/6/2020) pukul 09.00 WIB pagi. Lamanya perjalanan menuju puncak dikarenakan bertemu dengan mahasiswa UIN Suska Riau yang rata-rata anggotanya cewek.

"Kita bersama membantu mereka untuk sampai di puncak dikarenakan anggota mahasiswa dari UIN Suska tersebut para wanita," katanya.

Sebelumnya, sekitar pukul 23.00 WIB malam, Nasir beserta rombongan belum sampai di puncak Marapi karena diguyur hujan lebat dan juga mendirikan tenda dalam keadaan basah. Selain itu, pada malam yang sama juga terjadi gempa bumi yang berpusat di Kota Padang Panjang tersebut.

"Hal terberat itu, jalan di malam hari dengan penerangan seadanya, jalanan licin, hujan tiba-tiba dan juga terjadi gempa bumi, kami sempat khawatir, namun alhamdulillah kami selamat," katanya.

Besoknya, Nasir beserta rombongan melanjutkan perjalanan sekitar pukul 07.00 WIB, kemudian sampai sekitar pukul 09.00 WIB, setelah sampai Ia langsung mencari titik terdapatnya koneksi internet, dan langsung disambungkan dengan zoom meting Unand menggunakan laptop dan handphone.

Perayaan wisuda Muhammad Nasir di Gunung Marapi ditemani oleh tiga temannya. Saat mendaki memang tidak dibarengi oleh kedua orang tua dikarenakan akses yang cukup jauh, namun hal tersebut telah mendapat izin dari keduanya serta pemindahan jambul langsung didelegasikan kepada salah seorang temannya yang juga merupakan kerabat dekat.

Mantan Ketua MPM KM ini juga mengatakan bahwa keputusan yang diambil Unand untuk wisuda secara daring merupakan langkah yang tepat dan bijaksana. Ia berpesan kepada semua mahasiswa yang melaksanakan wisuda di era pandemi khususnya di Unand dan semua mahasiswa yang akan di wisuda, bahwa pada dasarnya bagaimanapun pelaksanaan wisuda akan memiliki makna yang sama. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]