BKSDA dan Polisi Amankan Jaringan Perdagangan Satwa Dilindungi di Pasaman


Rabu, 01 Juli 2020 - 23:00:14 WIB
BKSDA dan Polisi Amankan Jaringan Perdagangan Satwa Dilindungi di Pasaman Petugas BKSDA Sumbar bersama Polisi saat mengamankan pelaku perdagangan satwa liar di lindungi di Rao, Pasaman.

HARIANHALUAN.COM - Petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat, meringkus pelaku perdagangan bagian tubuh satwa liar dilindungi. Pelaku bernisial IL (34), diamankan di sebuah penginapan di Rao, Kabupaten Pasaman. 

Dari tangan warga Lubuk Godang, Nagari Lubuk Godang, Kecamatan Mapattunggul ini, diamankan satu kilogram sisik trenggiling (Manis javanica) yang sudah dikeringkan dan akan diperjual belikan.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Sumbar, Khairi Ramadhan, saat dihubungi harianhaluan.com, Rabu (1/7/2020) mengatakan, pihaknya bersama Polres Pasaman mengamankan pelaku perdagangan bagian tubuh satwa yang dilingungi. 

"Pelaku IL, diamankan ketika akan memperjualbelikan bagian tubuh satwa berupa Sisik Trenggiling (Manis javanica)," kata Khairi, didampingi tim pelaksana, Ade Putra. 

Dari tangan pelaku, kata dia, petugas mengamankan barang bukti berupa kurang lebih satu kilogram sisik trenggiling yang sudah dikeringkan dan siap diperjualbelikan. 

"Dari keterangan pelaku, ia mengakui akan menjual 10 kg sisik trenggiling tersebut dengan harga satu kg nya senilai Rp1 juta. Saat akan transaksi, IL sudah lebih dulu diamankan oleh polisi dan BKSDA di penginapan itu," ujarnya. 

Kini, kata dia, pelaku IL bersama barang bukti sudah dibawa ke Markas Polres Pasaman di Lubuksikaping. 
Pelaku terancam pasal 40 ayat 2 junto pasal 21 ayat 2 huruf d Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dengan ancaman pidana penjara maksimal lima tahun dan denda maksimal Rp 100 juta.

"Saat ini tim gabungan masih terus mengembangkan kasus perdagangan satwa dilindungi di wilayah Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat," ujar Khairi. 

Ade Putra menambahkan, bahwa pelaku mengakui sebelumnya telah pernah memperjualbelikan satwa yang dilindungi jenis Siamang dan satwa jenis lainnya di pasar gelap. 

"Pengakuan dia, sebelumnya pernah menjual Siamang dan satwa jenis lain juga. Walaupun dia ngakunya baru tau, kalau data kami dia masuk jaringan (sindikat)," ungkap mantan Kepala Resor KSDA Pasaman ini. (*)

 

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 21 Januari 2019 - 15:05:52 WIB

    Buaya Bertelur di Kebun Sawit, BKSDA Agam Imbau Warga Tidak Mendekati Lokasi

    Buaya Bertelur di Kebun Sawit, BKSDA Agam Imbau Warga Tidak Mendekati Lokasi AGAM. HARIANHALUAN.COM-- Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam mengimbau masyarakat untuk tidak mengusik keberadaan buaya bertelur awal di kebun sawit milik warga di Jorong Ujuang Labuang Nagari Tiku V Jorong,.
  • Kamis, 30 Agustus 2018 - 14:56:06 WIB

    Satu Lagi Harimau Ditangkap BKSDA Sumbar

    Satu Lagi Harimau Ditangkap BKSDA Sumbar Sejak harimau mulai memasuki permukinan warga, semua elemen telah melakukan pemburuan terhadap harimau di sebagian wilayah di Sumbar. Selama tahun ini Polisi Kehutanan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar  sudah .
  • Rabu, 01 Agustus 2018 - 18:49:01 WIB

    Harimau Masuk Permukiman di Padang Pariaman, BKSDA: Sementara Jangan Berladang

    Harimau Masuk Permukiman di Padang Pariaman, BKSDA: Sementara Jangan Berladang PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) memasuki pemukiman warga di Kabupaten Padang Pariaman, tepatnya di kawasan perbukitan di Kecamatan IV Koto Aur Malintang. .
  • Kamis, 08 Maret 2018 - 15:13:08 WIB

    BKSDA Agam Lepas Belasan Burung Dilindungi

    BKSDA Agam Lepas Belasan Burung Dilindungi AGAM, HARIANHALUAN.COM--  Sebanyak 15 ekor burung dilindungi dilepaskan ke hutan Cagar Alam Maninjau. Burung-burung itu  awalnya berasal dari masyarakat yang diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Aga.
  • Jumat, 22 Desember 2017 - 13:45:24 WIB

    BKSDA Agam Usir Beruang di Garagahan

    BKSDA Agam Usir Beruang di Garagahan AGAM, HARIANHALUAN.COM- Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam, mengelar patroli di Dusun Labu Pacah, jorong II, Nagari Garagahan, kecamatan Lubuk Basung, Rabu malam (20/12). Sebelumnya masyarakat merasa tergang.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]