dr Apriyanto Raih Gelar Doktor Usai Teliti Pertanda Kekambuhan Tumor Otak


Kamis, 02 Juli 2020 - 10:28:51 WIB
dr Apriyanto Raih Gelar Doktor Usai Teliti Pertanda Kekambuhan Tumor Otak Dr dr Apriyanto, SpBS(K), M.Kes, FINPS bersama keluarga usai meraih gelar doktor pada Prodi S3 Ilmu Biomedik FK Unand.

HARIANHALUAN.COM - Tumor otak atau tumor meningioma memiliki tingkat rekurensi (kekambuhan) cukup tinggi, meski telah dilakukan langkah operasi untuk pengangkatannya. Dr. dr. Apriyanto, SpBS(K), M.Kes, FINPS berupaya mengungkit indikator prognostik atau pertanda biologis, untuk memperkirakan angka kekambuhan tersebut.

Upaya itu dilakukan dr. Apriyanto dalam penelitian disertasinya yang berjudul "Hubungan Antara Ekspresi Gen Transforming Growth Factor Beta 1 dan Gen Chaderin 1 dengan Tingkat Progresivitas Meningioma". Hasil penelitian ini pula yang membawanya merengkuh gelar doktor bidang ilmu biomedik, setelah berhasil melewati Sidang Ujian Terbuka pada Prodi S3 Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Rabu (24/6) lalu, yang digelar secara daring/online.

"Tumor otak jinak sekali pun, memiliki tingkat rekurensi cukup tinggi karena tingkat kesulitan lokasi tumor untuk dijangkau saat operasi, dan sulitnya langkah operasi yang dilakukan, yang bisa membuat tumor tidak terangkat sepenuhnya setelah operasi," sebut dr. Apriyanto kepada harianhaluan.com.

Oleh karena itu dalam penelitian disertasinya, dr. Apriyanto berusaha mencari indikator atau pertanda biologis untuk memperkirakan angka kekambuhan tumor otak. Sehingga, lewat beberapa indikator yang ditemukan, bisa ditentukan kapan tumor otak bisa kambuh lagi, sehingga penanganan terhadap pasien bisa lebih “awas”.

"Intinya, penelitian ini menghasilkan saran bagaimana penanganan medis bisa memanajemen tumor otak, dan lebih jauh bisa memberikan acuan atau langkah awal untuk menemukan obat yang bisa menghambat faktor penyebab kekambuhan itu sendiri," tutupnya.

Di sisi lain, dalam sambutannya Dekan FK Unand Dr. dr. Rika Susanti, Sp.F diwakili Wakil Dekan 3 Dr. dr. Netti Suharti, M.Kes ikut mengapreasiasi hasil penelitian dr. Apriyanto, yang diyakini memberikan pengaruh besar terhadap langkah penanganan terhadap pasien tumor otak.

Bertindak selaku promotor dalam penelitian ini, Prof. Dr. dr. Eryanti Darwin, PA(K), didampingi Kopromotor 1 Dr. dr. M. Zafrullah Arifin, SpBS(K) dan Kopromotor 2 Dr. dr. Wirsma Arif Harahap, SpB-(Onk). Sidang Ujian Terbuka ini dipimpin oleh Kepala Prodi S3 Biomedik FK Unand, Prof. dr. Nur Indrawati Lipoeto, M.Sc, PhD, SpGK.

Di jajaran dewan penguji, tampak hadir secara virtual para guru besar dan ahli seperti, Prof. Dr. dr. Yanwirasti, PA(K); Dr. dr. Yuliarni Syafrita, SpS(K); Dr. dr. Afriwardi, SpKO, MA; dan dr. Ahmad Faried, SpBS(K), PhD selaku penguji eksternal. (*)

loading...
Reporter : Juli Ishaq Putra /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]