Putuskan Jadi Cagub, Faldo Maldini Mulai Terjun ke Politik Sejak Tahun 2015


Kamis, 02 Juli 2020 - 11:05:20 WIB
Putuskan Jadi Cagub, Faldo Maldini Mulai Terjun ke Politik Sejak Tahun 2015 Faldo Maldini

HARIANHALUAN.COM - Tidak banyak yang tahu, tokoh muda sekaligus digadang-gadangkan akan meramaikan pesta demokrasi Sumbar pada Desember mendatang, Faldo Maldini mulai terjun di dunia politik sejak tahun 2015 lalu. "Saya sudah berproses di dunia politik sejak 2015 lalu, sejak umur saya 25 tahun, jejak digitalnya telah saya dokumentasikan dengan rapi," katanya, Rabu (1/7/2020) malam saat berada di Basko Grand Mall.

Memilih terjun ke dunia politik dan menjadi bakal calon kandidat Gubernur Sumbar, diakui Faldo sebagai jalan dari Tuhan, beberapa waktu lalu. Dia sempat terhalang untuk melenggang merebut kursi nomor satu di Sumbar tersebut lantaran umurnya yang masih kurang satu hari. Namun setelah Covid-19 melanda Indonesia, umurnya yang kurang satu hari dibarengi dengan Pilkada yang ditunda tiga bulan.

"Bukan berarti adanya Covid-19 ini membawa keberuntungan bagi saya, hanya saja ini salah satu jalan yang ditunjukkan oleh Tuhan kepada saya untuk diberikan keaempatan mengabdi kepada masyarakat Sumbar," katanya.

Lanjut Faldo, dia sudah memutuskan merantau sejak menginjakkan kaki pada Sekolah Menengah Atas (SMA), kemudian kuliah di Universitas Indonesia. Tidak hanya akademik, Faldo menyibukkan diri dengan berorganisasi serta menjadi aktifis. "Dari situ saya belajar bahwa anak muda bangsa tidak hanya dibutuhkan nilai bagus dan berprestasi, namun juga memiliki manfaat bagi orang banyak," tambahnya.

Memulai karirnya menjadi ketua BEM UI, dia semakin yakin bahwa setiap anak muda apapun latar belakangnya harus memberikan sesuatu yang positif dan manfaat bagi orang lain, tidak hanya di jalur politik, bisa saja pada bisnis, komunitas, PNS dan jalur lainnya. "Namun bagi saya, memutuskan berkecimpung di politik karena saya melihat impact yang lebih besar, saya berfikir bahwa politik menjadi jalan yang tepat," katanya.

Sewaktu menjadi mahasiswa, diakui Faldo, dia sering melakukan demo mahasiswa, melaksanakan proyek sosial. Inilah momen bagaimana anak muda dapat terjun ke masyarakat. "Mana tau dengan memperbanyak kegiatan sosial dan dunia perpolitikan saya bisa mencatatkan sejarah sebagai pemimpin di Sumbar, karena akan terlalu egois jika saya tidak memanfaatkan kesempatan ini, sedangkan orang lain sudah payah mendapatkannya," katanya.

Sebelumnya, Faldo mengatakan bahwa sejak 2015 lalu, dia sudah memulai karir dari media, berdagang, memulai dunia politik sedikit demi sedikit. Karena dia berkeyakinan bahwa dirinya memiliki akses yang cukup untuk terjun sebagai kandidat kepala daerah, sedangkan beberapa orang di luar sana memiliki keinginan namun tidak memiliki akses yang cukup mudah dengan proses yang berbelit.

Terlepas nantinya, dia akan menjadi Gubernur atau Bupati, hal yang terpenting yakni mengabdi untuk Sumbar kampung halamannya. Diceritakan Faldo bahwa sebelumnya dia pernah mengajukan banding ke MK mengenai kekurangan umur untuk pencalonan diri maju di pilgub Sumbar, namun diakuinya kalah. "Namun saya bertekad untuk tidak berhenti, kalau saya berhenti berarti saya menyerah," katanya. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]