Jelang Tahun Ajaran Baru, Perguruan Thawalib Siapkan Proses Belajar Mengajar


Kamis, 02 Juli 2020 - 11:46:58 WIB
Jelang Tahun Ajaran Baru, Perguruan Thawalib Siapkan Proses Belajar Mengajar Kegiatan Orientasi Kepala Sekolah Perguruan Thawalib sebelum pandemi.

HARIANHALUAN.COM - Pimpinan Perguruan Thawalib Padang Panjang Buya Dr. H. Zulkarnaini, M.Ag bersama pengurus Yayasan Thawalib melakukan pertemuan dengan seluruh kepala sekolah, Kamis (2/7/2020) di aula Dr. Abdul Karim Amarullah, Komplek Perguruan Thawalib, Padang Panjang untuk membahas berbagai hal terkait dengan proses belajar mengajar.

Pertemuan pertama diselenggarakan sejak Buya Zulkarnaini diangkat secara resmi sebagai Pimpinan Perguruan Thawalib juga dimaksudkan sebagai ajang silaturahmi dan tukar menukar pemikiran. Ketua Umum Yayasan Thawalib Abrar, M.Ag mengatakan, sejak awal Juli Buya Zulkarnaini efektif bertugas sebagai pimpinan Perguruan Thawalib. 

"Maka agenda pertama adalah bersilaturahmi dengan seluruh kepala sekolah di lingkungan Perguruan Thawalib," ujarnya.

Kata Abrar, selain silaturahmi dan mengenal lebih dekat para pengelola masing masing unit sekolah mulai dari PAUD-RAA, MIUT Thawalib, Tsnawiyah Putra dan Putri Thawalib serta Kuliyatul Ulum El Islamiyah (KUI) Putra dan Putri Thawalib, pertemuan tersebut sekaligus untuk persiapan menjelang proses belajar mengajar yang akan dimulai.

Buya Zulkarnaini selain seorang pendidik, ia juga menghabiskan waktunya 10 tahun belajar di Perguruan Thawalib dan menyelesaikan pendidikan doktor di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, sudah tak asing lagi dengan lingkungan Perguruan Thawalib. 

Namun, karena keadaan dan perkembangan dunia pendidikan, terjadi penambahan unit pendidikan di Perguruan Thawalib yang dulu sewaktu beliau nyantri di Thawalib belum ada seperti unit sekolah PAUD-RAA setingkat Taman Kanak Kanak, MIUT Thawalib setingkat sekolah dasar dan Thawalib Putri yakni, sekolah bagi perempuan untuk tingkat Tsanawiyah dan Aliyah.

Sementara, Ketua Yayasan Thawalib Dr Saiful Amin menambahkan, ajang pertemuan tersebut sebagai langkah persiapan sebelum dimulainya proses belajar mengajar. "Yayasan Thawalib sengaja membuat agenda pertemuan untuk mengetahui langsung sejauh mana persiapan masing masing sekolah sebelum dimulai proses belajar mengajar," ujarnya.

Menurut Saiful Amin, persiapan tersebut sangat perlu diketahui sehingga baik Yayasan Thawalib maupun Pimpinan Perguruan Thawalib mendapatkan informasi lebih lengkap dan langsung dari pengelola unit sekolah. "Untuk tahun ajaran baru 2020/2021 kita harus persiapan proses belajar mengajar dengan baik karena ditengah suasana Covid 19," jelasnya.

Sistim pendidikan Perguruan Thawalib untuk jenjang pendidikan Tsnawiyah dan Aliyah menggunakan sistim boarding school yakni para santri tinggal di asrama dan mendapat pembinaan selama 24 jam. Kemudian sistim pengajarannya yakni memakai kitab kitab khas Thawalib yang berbahasa arab dan kitab gundul. 

Untuk jenjang pendidikan Tsnawiyah sedikitnya ada 12 kitab yang diajarkan kepada santri. Sementara untuk jenjang pendidikan Aliyah sedikitnya 21 kitab yang diajarkan. Kitab kitab seperti nahwu sharaf, tauhid, akhlak, tafsir dan ilmu tafsir, hadist dan mustalah hadist, fikih dan ushul fikih, akhlak, balaghah, Mantiq, Arudh, Adyan, Faraidh dan kitab kitab lainnya.

Selain itu para santri juga diberikan mata pelajaran madrasah dan pelajaran umum. "Dengan begitu banyaknya mata pelajaran, maka belajar di Perguruan Thawalib dari pagi sampai siang hari dan malam dilanjutkan dengan belajar malam," kata Saiful Amin.

Untuk malam hari, para santri akan mendapatkan pelajaran penguatan terhadap kitab kitab Thawalib, selain itu juga akan belajar Tahfiz Quran. Dengan kehadiran Buya Zulkarnaini yang sudah malang melintang dalam dunia pendidikan, maka pendidikan di Perguruan Thawalib akan terus dilakukan perbaikan dan pembenahan dengan menyesuaikan kebutuhan zaman dan tetap menjalankan landasan pendidikan Islam yang telah menjadi dasar Perguruan Thawalib sebagai lembaga pendidikan Islam yang Tafaqquh Fiddien. 

Terkait dengan persiapan proses belajar mengajar, Perguruan Thawalib akan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, tempat mencuci tangan, pemeriksaan suhu badan secara intens, serta areal sekolah dan asrama hanya khusus masuk bagi guru, karyawan dan santri. (*)

loading...
 Sumber : rel /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]