Marketplace kakoda.com Pasarkan Produk UMKM Sawahlunto Lewat Daring


Kamis, 02 Juli 2020 - 15:19:45 WIB
Marketplace kakoda.com Pasarkan Produk UMKM Sawahlunto Lewat Daring Salah satu produk UMKM Sawahlunto yang dipasarakan lewat aplikasi daring. RIKI YUHERMAN

HARIANHALUAN.COM - Ketua Dekranasda Provinsi Sumatra Barat Nevi Zuraida apresiasi diluncurkannya marketplace kakodai.com yang memfasilitasi penjualan produk - produk UMKM yang ada di Kota Sawahlunto. Teristimewanya marketplace tersebut diinisiasi oleh generasi muda yang lebih dikenal dengan kaum milenial.

"Momentum yang tepat untuk beralih ke media marketplace sebagai bentuk kebangkitan usaha dalam situasi pandemi Covid - 19 ini," ujarnya melalui sambungan video vonference saat launching

Ditengah pandemi Covid - 19 saat ini, lanjutnya dimana ruang dan gerak dari usaha yang sangat terbatas secara manual, bisa disiasati dengan teknologi informasi atau online.

"Makanya dengan kolaborasi dengan tim E commers Sawahlunto dengan UMKM lokal ddapat membuat UMKM yang ada jadi berkembang baik secara efektifitas maupun produktifitas, sehingga perekonimiannya kembali naik," katanya.

Sementara Ketua Dekranasda Kota Sawahlunto, Neldaswenti mengungkapkan, pihaknya butuh empat bulan lebih untuk merancang upaya memasarkan produk UMKM ini, akan tetapi sempat terkendala akibat pandemi Covid.

"Namun kami bertemu dan bertukar pikiran dengan anak anak muda yang menguasai IT lalu merancang untuk membuat marketplace. Dengan modal patungan, saat ini telah ada 11 UMKM yang telah tergabung didalamnya," kata Neldaswenti.

Kedepannya dia berharap, seluruh UMKM dikota ini bisa dipasarkan produknya melalui aplikasi ini. Dan pihaknya akan teris berupaya melakukan pembinaan, menjaga dan meningkatkan kualotas serta kontinyunitas produk, sehingga UMKM ini terus bersemangat dalam membaca selera pasar online.

Apresiasi dan dukungan juga disematkan oleh perantau Sawahlunto, salah satunya Sekum Badan Koordinas Induk Keluarga Sawahlunto Jakarta dan sekitarnya (Bakor IKSJ), Jasyanto Sahoer. Dia menilai, efek dan resiko sosial, serta pergerakan ekonomi masyarakat yang harus kembali dibangkitkan efek melalui perubahan pola penjualan.
"Dengan marketplace, pangsa pasar akan lebih luas dan akan mempermudah dalam transaksi penjualan produk UMKM," katanya melalui sambungan video conference.

Lauching marketplace kakodai.com ditandai dengan mengunduh aplikasinya di play store oleh Walikota Sawahlunto, Deri Asta, Wawako Zohirin Sayuti, Ketua DPRD, Eka Wahyu dan Ketua Dekrasda, Neldaswenti, Rabu (1/7). (*)

 

loading...
Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]