Pengusaha Minta Rp 600 T ke Pemerintah Buat Modal Kerja


Kamis, 02 Juli 2020 - 20:50:56 WIB
Pengusaha Minta Rp 600 T ke Pemerintah Buat Modal Kerja Ketua KADIN Rosan P Roeslani di acara APINDO bersama KADIN dan HIPMI menggelar acara Business Gathering bertema "Outlook Perekonomian dan Fiscal Policy 2020".

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) membutuhkan bantuan modal kerja dari pemerintah untuk memulai kembali bisnis dunia usaha yang sempat terhenti akibat Covid-19. Nilai modal kerja yang dibutuhkan diperkirakan mencapai Rp 600 triliun untuk modal kerja selama enam bulan.

Ketua Kadin Rosan P. Roeslani mengatakan modal kerja ini dibutuhkan usai pemerintah memberikan restrukturisasi kredit kepada pengusaha. Modal kerja ini dibutuhkan tidak hanya oleh korporasi namun juga sektor UMKM.

"Waktu itu angkanya enam bulan kurang lebih sekitar Rp 600 triliun. Itu kebutuhan modal kerja enam bulan. Karena kita juga melihat itu kemampuan dari demand-nya," kata Rosan di Komplek Bank Indonesia, Kamis (2/7/2020).

Dia juga mengungkapkan, hal yang perlu diperhatikan pemerintah adalah penjaminan untuk modal kerja, bukan likuiditas perbankan sebab saat ini likuiditas di bank masih sangat baik. Pemberian modal kerja ini harus dibarengi dengan penjaminan yang diberikan oleh pemerintah sebesar 80%-90% dan sisanya 10%-20% akan diberikan dari bank.

Sejalan dengan itu, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengungkapkan perusahaan-perusahaan yang balik membutuhkan bantuan modal kerja adalah sektor-sektor yang terdampak paling besar karena Covid-19.

"Tapi sektornya tekstil, hotel dan restoran, transportasi darat sama beberapa lagi saya lupa, sektor manufaktur. Kira-kira itu untuk jangka waktu satu tahun," kata dia di kesempatan yang sama.

Permintaan bantuan modal kerja ini dibarengi dengan tingkat bunga yang rendah, jika bisa single digit dan di bawah bunga perbankan saat ini sehingga cost menjadi lebih rendah. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 11 Agustus 2020 - 19:35:50 WIB

    Mau Jadi Pengusaha Muda? Cobalah Bisnis EBT

    Mau Jadi Pengusaha Muda? Cobalah Bisnis EBT HARIANHALUAN.COM - Pergerseran pola konsumsi energi dan keterbatasan energi fosil mendorong Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mendorong lahirnya bibit-bibit wirausahawan baru di sektor Energi Baru Te.
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 18:48:49 WIB

    Pengusaha Mohon Bersabar, Aturan Diskon Pajak 50% Masih Digodok

    Pengusaha Mohon Bersabar, Aturan Diskon Pajak 50% Masih Digodok HARIANHALUAN.COM - Pengusaha nampaknya harus bersabar untuk sementara waktu. Pasanya, pemberian diskon 50% untuk pajak penghasilan (PPh) badan (PPh pasal 25) masih menunggu Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Pemberian diskon i.
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 17:52:31 WIB

    Bloomberg Rilis 500 Orang Terkaya di Dunia, Ada 5 Pengusaha Indonesia

    Bloomberg Rilis 500 Orang Terkaya di Dunia, Ada 5 Pengusaha Indonesia HARIANHALUAN.COM - Mengutip data per 10 Agustus 2020 yang dirilis Bloomberg Billionaires Index, setidaknya ada lima orang Indonesia yang masuk dalam 500 orang paling kaya di dunia. .
  • Ahad, 02 Agustus 2020 - 16:55:44 WIB

    Pengusaha Sawit Minta 20 T ke Sri Mulyani, Ada Apa ya?

    Pengusaha Sawit Minta 20 T ke Sri Mulyani, Ada Apa ya? HARIANHALUAN.COM - Sektor pertanian dan industri sawit nasional memberikan kontribusi besar terhadap kas negara, diperkirakan pajak yang diberikan mencapai Rp 100 triliun per tahun..
  • Kamis, 23 Juli 2020 - 00:01:39 WIB

    Begini Ancaman Luhut untuk Pengusaha Nikel

    Begini Ancaman Luhut untuk Pengusaha Nikel HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta seluruh pelaku usaha harus mematuhi Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2020 tentang Tata Cara Penetapan Harga Patokan Penjual.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]