Trend Bersepeda Tengah Naik Daun, Dr dr Afriwardi: Olahraga Terbaik Setelah Berenang


Jumat, 03 Juli 2020 - 07:48:36 WIB
Trend Bersepeda Tengah Naik Daun, Dr dr Afriwardi: Olahraga Terbaik Setelah Berenang Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Olahraga bersepeda tengah menjadi trend di Indonesia saat ini, termasuk di Sumbar. Trend inipun mulai berpengaruh terhadap gaya hidup masyarakat dalam tatanan sosial.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Padang, Dr. dr. Afriwardi, SH, Sp.KO, MA menjelaskan, bersepeda adalah olahraga yang menempati urutan kedua setelah berenang yang berdampak baik terhadap kesehatan.

Tren bersepeda ditengah masyarakat saat ini, diakuinya tentulah sangat baik.

"Bersepeda dapat melatih komponen kesegaran jasmani, terutama daya tahan, kekuatan otot, fleksibilitas, dan komposisi lemak tubuh," sebut alumni Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Universitas Indonesia ini.

Pandemi Covid, menurutnya tidak menjadi halangan untuk bersepeda, apalagi bersepeda dapat dilakukan dirumah (sepeda sratis) tempat yang lapang.

"Yang terpenting, jika bersepeda dengan komunitas tentu saja harus memperhatikan protokol pencegahan penularan Covid 19. Pakai masker, jaga jarak, sering cuci tangan, dan hindari kerumunan. Pada saat istirahat pastikan anggota komunitas berjarak minimal 1 5 mtr," imbau nya.

Bagi pemula yang ingin menjaga kebugaran, dr.Afriwardi menjelaskan perlunya memperhatikan prinsip kaidah berolahraga. 

"Berolahragalah secara benar, baik, terukur, teratur, dan progresiv," kata dia.

Dari sisi kesehatan, ia juga menyebut tidak ada waktu bersepeda yang paling baik, apalagi dengan fasilitas olahraga saat ini. 

"Bukan pagi, siang atau malam, yang jadi pertimbangan kembali kepada bioritme atau kebiasaan, cuaca ekstrim berkaitan dengan sinar matahari, polusi udara, dll. Namun, yang sedikit ditekankan, berolahraga pagi bisa lebih baik dengan keuntungan, udara lebih segar, adanya sinar ultraviolet, suhu sejuk, dll," jelasnya. (*)

loading...
Reporter : Yessi Swita /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]