Klaim Nasabah Asuransi Bumi Putra Tak Kunjung Dicairkan


Jumat, 03 Juli 2020 - 15:07:17 WIB
Klaim Nasabah Asuransi Bumi Putra Tak Kunjung Dicairkan Kantor Cabang AJB Bukittinggi milik sendiri di Jalan Jenderal Sudirman, Bukittinggi. (Yursil Masri)

HARIANHALUAN.COM - Para nasabah Asuransi Jiwa Bersama Bumiputra (AJBB) Cabang Bukittinggi resah. Pasalnya, banyak klaim asuransi nasabah yang hingga kini belum dibayarkan. Permasalahan tersebut muncul sejak tahun lalu. 

Salah seorang nasabah AJBB Cabang Bukittinggi, Janahar Advil mengatakan, salah satu anggota keluarganya Linda Ningsih memegang dua polis nomor 2002.026978 terdaftar sejak tahun 2002 dan polis nomor 207101604485 didaftarkan tahun 2007. "Seharusnya pemegang polis tersebut sudah menerima klaim asuransi itu sejak satu tahun lalu. Namun kenyataanya hingga sekarang klaim asuransi itu belum juga di cairkan," katanya.

Bahkan tambahnya, anak Linda Ningsih bernama Salsabila juga ikut sebagai nasabah AJBB dan hingga sekarang klaim asuransinya tak kunjung dicairkan. Pihaknya sudah sering mendatangi Kantor Cabang AJBB Cabang Bukittinggi, namun pihak AJBB hanya berjanji tanpa ada kepastian. "Klaim asuransi tersebut sangat berarti baginya untuk melanjutkan sekolah anaknya Salsabila," terangnya.

Ia meminta supaya AJBB Cabang Bukittinggi dapat mencairkan pengajuan klaimnya. "Tolong penuhi kewajiban anda dan berikan hak keluarga saya sebagai nasabah anda. kalau seperti ini, bagaimana saya dan yang lain bisa percaya Bumiputera," ungkapnya.

Terkait permasalahan tersebut, harianhaluan.com mendatangi Kantor AJBB Cabang Bukittinggi. Menurut Kepala Cabang AJBB Bukittinggi Gusti Aprianto mengatakan pihaknya tidak dapat memberikan keterangan karena itu merupakan kewenangan dari kantor pusat AJBB Jakarta. "Yang berwenang memberikan keterangan adalah bagian Humas Kantor Pusat di Jakarta. Pemberian keterangan harus satu pintu," ungkap Gusti, Kamis (2/7/2020).

Selain itu, informasi yang diperoleh, nasabah AJBB banyak yang mendatangi Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Bukittinggi untuk mengadukan kasus tersebut, namun tidak ada kejelasannya hingga kini. Dana yang diharapkan itu juga tidak bisa dicairkan.

Sementara itu, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sumbar, Misran Pasaribu dalam rilisnya yang diterima Haluan menyebutkan, sehubungan dengan salah satu tujuan pembentukan OJK yaitu memberikan perlindungan terhadap konsumen dan masyarakat termasuk kepada nasabah Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera (AJBB). 

OJK telah memfasilitasi pengaduan nasabah AJBB dengan meneruskan pengaduan dan melakukan klarifikasi kepada manajemen AJBB yang pada umumnya, pokok permasalahan adalah terkait kesulitan pencairan klaim dan polis jatuh tempo. Adapun kesulitan pencairan klaim AJBB dikarenakan kondisi keuangan AJBB saat ini. 

OJK telah meminta AJBB untuk menginformasikan kepada para pemegang polis mengenai kondisi terkini perusahaan, termasuk hak dan kewajiban pemegang polis sehubungan dengan bentuk badan usaha AJBB adalah Usaha Bersama. Oleh karena itu, mekanisme pembagian laba dan kerugian dibebankan kepada anggota sebagaimana diatur dalam Anggaran Dasar Perusahaan. 

Sebagai bentuk transparansi kepada konsumen, AJBB juga telah memiliki aplikasi BPinfo (dapat di download), dimana dengan aplikasi tersebut konsumen dapat mengecek antrian pembayaran klaimnya. (*)

loading...
Reporter : Yursil Masri /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 19 Juli 2020 - 13:20:52 WIB

    Listrik Gratis Berlanjut hingga September 2020, Berikut Cara Klaimnya

    Listrik Gratis Berlanjut hingga September 2020, Berikut Cara Klaimnya HARIANHALUAN.COM - PLN kembali memberikan kemudahan untuk pelanggan, salah satunya dengan tarif diskon 50 persen dan juga listrik gratis. Setelah berjalan selama tiga bulan, program ini pun diperpanjang. Berikut ini adalah ca.
  • Rabu, 15 Juli 2020 - 07:49:10 WIB

    Penanganan Covid-19 Indonesia Diklaim Amburadul, Investor Rugi Rp1.418 T

    Penanganan Covid-19 Indonesia Diklaim Amburadul, Investor Rugi Rp1.418 T HARIANHALUAN.COM - Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama tahun berjalan apabila dibandingkan dengan bursa-bursa besar di kawasan Asia memang kurang cantik. Secara tahun berjalan IHSG masih terkoreksi sebesar 19,3.
  • Senin, 06 April 2020 - 23:32:34 WIB

    Ekonomi RI Diklaim Tumbuh Positif Meski di Tengah Pandemi Corona

    Ekonomi RI Diklaim Tumbuh Positif Meski di Tengah Pandemi Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Proyeksi ekonomi dunia tahun ini dipastikan mengalami penurunan akibat pandemi COVID-19. Namun, Indonesia diprediksi masih bisa tumbuh positif oleh IMF dan World Bank..
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 20:42:12 WIB

    Alami Krisis 1998, BI Klaim Perbankan 'Kebal' Imbas Corona

    Alami Krisis 1998, BI Klaim Perbankan 'Kebal' Imbas Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Bank Indonesia (BI) menyatakan kondisi perbankan masih cukup kuat di tengah wabah virus corona (covid-19). Hal ini tak lepas dari pengalaman bank dalam mengatasi kondisi sulit seperti yang pernah.
  • Kamis, 12 Maret 2020 - 10:21:12 WIB

    Waduh! 2 Juta Buruh Diklaim Siap Mogok Kerja

    Waduh! 2 Juta Buruh Diklaim Siap Mogok Kerja JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 2 juta orang buruh diklaim bakal menggelar aksi mogok kerja massal jika Presiden Joko Widodo tetap memaksakan pengesahan rancangan undang-undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja. 2 juta buruh.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]