4 Makanan Penyebab Kista, Wanita Wajib Tahu


Sabtu, 04 Juli 2020 - 11:20:50 WIB
4 Makanan Penyebab Kista, Wanita Wajib Tahu Ist

HARIANHALUAN.COM - Makanan penyebab kista ini wajib diketahui semua orang, terutama bagi perempuan. Soalnya, makanan penyebab kista ini sering kita temui dan bahkan bisa jadi selalu dikonsumsi.

Total ada 4 makanan penyebab kista yang mulai sekarang harus mulai dikurangi atau bisa juga dihindari. Setiap wanita memiliki dua indung telur di kanan dan kiri.

Setiap indung telur tersebut berisi ribuan telur yang masih muda atau folikel yang setiap bulan akan membesar. Hanya satu folikel yang  membesar sangat cepat sehingga menjadi telur yang matang.

Jika gangguan terjadi pada siklus ini, maka risiko munculnya kista pun akan meningkat. Kista sering muncul tanpa gejala dan bisa hilang dengan sendirinya.

Kista folikel, misalnya, kebanyakan tidak memengaruhi siklus menstruasi.

Penyakit Kista

Adapun kista korpus luteum timbul karena perdarahan pada waktu pelepasan sel telur. Darah yang keluar kadang tersamar dengan darah menstruasi.

Biasanya, kista korpus luteum menyebabkan sakit di rongga panggul. Namun lagi-lagi, banyak wanita menganggap rasa sakit itu sebagai hal yang wajar karena menstruasi.

Seharusnya, Anda curiga jika saat menstruasi, bagian dalam rongga panggul terasa sakit hebat, atau siklus haid tidak teratur. Kunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Hamil bisa mencegah tumbuhnya kista, karena saat hamil tidak terjadi ovulasi.

Ada juga penelitian yang menyebutkan, bahwa pil KB bisa membantu menekan risiko kista karena alasan yang sama dengan kehamilan, yaitu pil KB membuat seorang wanita tidak mengalami ovulasi.

Perbanyak makan makanan nabati, yaitu sayur dan buah segar serta menjaga kebersihan area intim juga dianjurkan sebagai tindakan pencegahan.

Nah, ada juga makanan yang harus dihindari supaya terhindari dari kista berikut ini!

Makanan Penyebab Kista

1. Makanan Manis

Makanan penyebab kista pertama yang harus dihindari adalah makanan manis. Jenis makanan ini merupakan salah satu yang banyak digemari.

Seperti yang kita tahu bahwa gula merangsang produksi insulin yang menyebabkan kadar gula meningkat. Kadar gula yang tinggi juga dapat merangsang pembentukan kista, atau membuatnya lebih buruk.

2. Seafood

Makanan laut atau seafood pastinya merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak penggemar. Sayangnya, makanan jenis ini bisa jadi makanan penyebab kista karena memiliki kadar kolesterol tinggi.

Hal tersebut akan membahayakan kesehatan tubuh wanita karena dapat memicu pertumbuhan kista di rahim.

3. Makanan Cepat Saji

Di zaman sekarang makanan cepat saji seperti ayam goreng, hamburger, mie pasta, makanan yang digoreng memang menjadi tren di kalangan masyarakat.

Karena proses memasak lebih cepat dan harganya juga cukup murah, makanan cepat saji tetap menjadi andalan untuk mengatasi perut lapar di mana mereka berada.

Anda perlu tahu bahwa terlalu banyak mengkonsumsi makanan dapat berdampak fatal pada kesehatan wanita. Karena junk food yang di konsumsi secara sering dan banyak bisa memicu kista.

4. Daging Merah

Makanan penyebab kista ovarium selanjutnya ialah daging merah baik itu daging sapi, kerbau, kambing, dan daging sapi.

Tetapi bagi penderita kista ovarium sebaiknya hindari konsumsi makanan satu ini. Daging merah sangat berpengaruh pada pertumbuhan hormon.

Sebagai gantinya Anda bisa mengkonsumsi daging putih seperti ayam buras, bebek, angsa, dan ikan air tawar. Jika perlu, masak dengan direbus, jangan terlalu sering di goreng atau bahkan terbakar. (*)

loading...
 Sumber : Sajiansedap.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 07 Agustus 2020 - 20:25:07 WIB

    Ingin Dapatkan Untung Besar? Pelajari 4 Strategi Bisnis Ini

    Ingin Dapatkan Untung Besar? Pelajari 4 Strategi Bisnis Ini HARIANHALUAN.COM - Beragam cara dan strategi dilakukan pelaku usaha supaya mendapatkan keuntungan yang besar. Bisa dengan pemilihan produk yang cepat dijual atau juga produk dengan keuntungan yang besar. Tapi itu semua balik.
  • Selasa, 04 Agustus 2020 - 20:03:49 WIB

    Wah, Pria 37 Tahun Ini Asuransikan Alat Vitalnya Rp 14 Miliar

    Wah, Pria 37 Tahun Ini Asuransikan Alat Vitalnya Rp 14 Miliar HARIANHALUAN.COM - Seorang pria mengasuransikan alat vitalnya. Alasan pria bernama Keiran Lee mengasuransikan kemaluannya cukup mengejutkan karena terkait dengan pekerjaannya..
  • Jumat, 31 Juli 2020 - 23:00:30 WIB

    4 Zodiak Ini Tak Suka Hari Libur, Masa Sih?

    4 Zodiak Ini Tak Suka Hari Libur, Masa Sih? HARIANHALUAN.COM - Long weekend menjadi hari yang dinanti-nanti oleh banyak orang. Saat libur panjang, biasanya sudah menyiapkan jadwal berlibur atau sekadar bermalas-malasan di rumah. Tapi hal tersebut tidak berlaku bagi emp.
  • Kamis, 23 Juli 2020 - 09:40:03 WIB

    Ini 4 Produk Rumah Tangga Ampuh Bunuh Virus Corona

    Ini 4 Produk Rumah Tangga Ampuh Bunuh Virus Corona HARIANHALUAN.COM - Virus corona diketahui dapat bertahan selama hampir 24 jam di permukaan kardus dan tiga hari di permukaan plastik. Studi lain menemukan bahwa virus dapat hidup di permukaan kaca dan logam hingga sembilan ha.
  • Selasa, 21 Juli 2020 - 17:26:20 WIB

    4 Makanan Ini Bisa Membuat Paru-paru Sehat

    4 Makanan Ini Bisa Membuat Paru-paru Sehat HARIANHALUAN.COM - Paru-paru merupakan salah satu oragn tubuh manusia yang sangat vital. Hanya saja, asap rokok, pengaruh makanan, dan polusi udara kerap membuat paru-paru mudah diserang penyakit. Nah, menjalani pola hidup se.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]