Mardani Ali Sera: Kalau Seminggu Ini Enggak Ada Kabar Reshuffle, Omdo


Sabtu, 04 Juli 2020 - 17:05:01 WIB
Mardani Ali Sera: Kalau Seminggu Ini Enggak Ada Kabar Reshuffle, Omdo Mardani Ali Sera. ©2019 Istimewa

HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) marah atas kerja para menteri yang dinilai tidak becus dalam menangani pandemi Virus Corona atau Covid-19. Kemarahan Jokowi terlihat saat memimpin rapat terbatas 18 Juni lalu, dan menyampaikan akan melakukan reshuffle.

Anggota DPR Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengatakan, dia menunggu apa yang disampaikan oleh Jokowi. Bahkan, ia memberikan waktu selama satu Minggu agar Jokowi membuktikan ucapannya perihal reshuffle.

"Saya enggak mau suuzon (akan reshuffle atau gimik), kalau seminggu ini enggak ada kabar, omdo," kata Mardani dalam diskusi online bertajuk 'Menanti Perombakan Kabinet', Sabtu (4/7).

Mardani menyampaikan, ada tiga hal yang dilihat dalam pidato Jokowi kala itu. Di mana pertama dilihat dari sudut aktor, sudut sistem dan sudut kultur.

"Dari sudut aktor wajar juga Pak Jokowi marah, tapi sebetulnya yang bikin Pak Jokowi marah Pak Jokowi sendiri, karena ketika pemerintahan periode kedua dibentuk, saya sudah mengusulkan agar Kementerian tidak 34. (Namun) 20-25 itu udah maksimal. Jangankan antar-Kementerian, antar Dirjen saja sinergi dan kolaborasinya kadang-kadang susah, apalagi antar-kementerian. Apalagi di negara maju selalu slim," katanya.

"Misalnya gini, Kementerian Pertanahan, Kementerian energi, dengan kementerian PUPR itu bisa disatukan. Itu infrastruktur akan luar biasa sekali. Lalu Kementerian Sosial disatukan dengan Kemendagri. Ini akan membuat Pak Jokowi punya pembantu yang powerfull dan anggarannya besar. Berani enggak Pak Jokowi," sambungnya.

Sisi kedua, lanjutnya, tak ada keserasian antara pemerintah pusat dan daerah. Sebab dia melihat tak ada kekompakan peraturan yang diterapkan oleh pusat dan daerah.

"Sekarang ini ada mensana in corpore sano. Lu ke sana gue ke sono. Pak Jokowi ke mana, Gubernurnya ke mana, Kabupaten kotanya ke mana, camat ke mana dan desa. Kasihan ini bukan NKRI ayo di-reset balik, paket undang-undang penataan otonomi daerah kita belum kelar. Dikelarin," tegasnya kembali.

"Ketiga ayo anggaran kita itu sedikit mbok mbok ya dia manin yang prioritas saja. UMKM, masyarakat miskin, masyarakat miskin perkotaan. Pak Jokowi marah 18 Juni 28 Juni dirilis, ini memberi kesempatan kepada Menteri. Dengan dirilis para menteri tidak bekerja dengan baik," sambungnya.

Tidak hanya itu, Mardani mengaku mendapatkan informasi kalau Jokowi susah untuk ditemui oleh menteri. Hal ini pun dirasa sangat menyulitkan para menteri untuk bekerja.

"Pak Jokowi juga harus mengubah juga agar menteri-menteri gampang berhubungan. Saya dapat informasi satu menteri bisa 3 bulan, mau ketemu pak Jokowi juga susah. Nuhun sewu, saya bukan PDIP tapi Bu Risma bawa HT jadi semua Kepala dinas on all selama 24 jam. Jokowi harusnya gampang dihubungi juga gitu," pungkasnya. (*)

loading...
 Sumber : merdeka.com /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 05 Februari 2020 - 15:48:55 WIB

    Mardani Ali Sera Soroti Isu Andre Jebak PSK

    Mardani Ali Sera Soroti Isu Andre Jebak PSK JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyoroti isu anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade menjebak pekerja seks komersial (PSK) di Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Mardani yang sempat terlibat saling sind.
  • Jumat, 18 Oktober 2019 - 13:47:26 WIB

    Mardani PKS Sindir Revolusi Mental Jokowi yang Tak Tercapai

    Mardani PKS Sindir Revolusi Mental Jokowi yang Tak Tercapai JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera menyindir janji Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) terkait program Revolusi Mental yang dicanangkan pada masa lima tahun kepemimpinan 2014-2019 tak tercapai hasiln.
  • Rabu, 18 September 2019 - 06:28:28 WIB

    Menang Telak, Mardani H. Maming Pimpin BPP HIPMI Periode 2019-2022

    Menang Telak, Mardani H. Maming Pimpin BPP HIPMI Periode 2019-2022 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Musyawarah Nasional ke XVI Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) yang digear di Hotel The Sultan Jakarta, 16-17 September2019 berlangsung alot. Pengusaha muda sukses .
  • Ahad, 25 Agustus 2019 - 11:55:36 WIB

    Mardani Minta Polisi Usut Pengunduh Video Ceramah pada Ust. Abdul Somad

    Mardani Minta Polisi Usut Pengunduh Video Ceramah pada Ust. Abdul Somad JAKARTA, HARIANHALUAN.COM– Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera meminta Polisi usut tuntas pengunduh potongan video ceramah Ustadz Abdul Somad (UAS). Video ceramah UAS tiga tahun lalu kini menjadi viral sampai berujung pada pala.
  • Jumat, 14 Juni 2019 - 23:23:33 WIB

    Sengketa Pilpres, Mardani minta Percayakan pada Mahkamah Konsitusi

    Sengketa Pilpres, Mardani minta Percayakan pada Mahkamah Konsitusi HARIANHALUAN.COM - Mardani Ali Sera, Anggota FPKS DPR RI minta semua pihak untuk mempercayakan integritas dan kapasitas hakim lembaga Mahkamah konsitusi (MK). Hal ini ia sampaikan kepada semua kubu yang bersengketa dalam Pilp.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]