Seorang PDP Covid-19 di Dharmasraya Dilaporkan Meninggal Dunia


Sabtu, 04 Juli 2020 - 18:17:02 WIB
Seorang PDP Covid-19 di Dharmasraya Dilaporkan Meninggal Dunia ilustrasi Covid-19

HARIANHALUAN.COM - Satuan Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, melaporkan seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal daerah itu meninggal dunia, Sabtu (4/7/2020). "Hasil rapid test pasien tersebut terkonfirmasi reaktif dan saat ini masih menunggu hasil Swab Test yang diharapkan negatif," ungkap Juru Bicara Satuan Gugus Tugas setempat, dr Rahmadian.

Menurutnya, pasien akan dimakamkan oleh petugas yang dilengkapi dengan alat pelindung diri dan merupakan PDP meninggal ke-9 selama pandemi ini berlangsung. Meskipun sudah satu bulan tidak ditemukan lagi kasus positif baru bukan berarti situasi sudah aman dari paparan virus Covid-19, masyarakat masih diminta waspada dan tetap menjalankan standar protokol kesehatan yang diberlakukan pemerintah. 

"Sering-sering mencuci tangan menggunakan air melalui mengalir dan sabun, menggunakan hand sanitizer, memakai masker selama berada di luar rumah dan selalu menjaga jarak adalah sebuah tatanan kenormalan baru yang masih harus diterapkan oleh setiap individu sebagai upaya menyelamatkan diri dari serangan pandemi yang tidak diketahui kapan berakhirnya," jelasnya.

Terkait upaya penanganan yang telah dilakukan pihaknya, dia menambahkan, pada hari ini telah dilakukan swab test kepada empat orang warga dengan klasifikasi swab 1 dan swab 2. Dengan demikian, lanjutnya, jumlah total warga yang sudah dilakukan swab test berjumlah sebanyak 1.230 orang dengan rincian 22 orang positif dan diantaranya sudah dinyatakan sembuh sebanyak 19 orang. 

"Sementara untuk kegiatan rapid test, sudah dilakukan kepada 5.227 orang dan sebanyak 86 orang terdeteksi reaktif dan seluruhnya sudah dilakukan swab test," sebutnya. 

Untuk kegiatan pool swab test, tambahnya, sudah dilaksanakan di seluruh nagari atau desa adat yang ada dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.  "Dari hasil pemeriksaan sampel yang dikirim oleh sebanyak 52 Nagari tersebut, seluruhnya dinyatakan negatif Covid-19," tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 19:50:44 WIB

    Seorang Dosen di Padang Sembuh dari Covid-19

    Seorang Dosen di Padang Sembuh dari Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Seorang dosen yang berasal dari Kota Padang dinyatakan sembuh dari virus corona atau Covid-19 melalui konversi negatif sebanyak dua kali yang dilakukan oleh laboratorium penanganan virus corona di Sumbar. D.
  • Selasa, 04 Agustus 2020 - 13:06:19 WIB

    Mutasi di Polda Sumbar, Seorang Direktur dan 7 Kapolres Diganti

    Mutasi di Polda Sumbar, Seorang Direktur dan 7 Kapolres Diganti HARIANHALUAN.COM – Rotasi jabatan di jajaran Polda Sumbar kembali bergulir. Satu Pejabat Utama Polda Sumbar dan 7 Kapolres mutasi. Pejabat utama yang dimutasi yaitu Direktur Narkoba (Dirnarkoba), sedang 7 Kapolres yakni Kap.
  • Kamis, 09 Juli 2020 - 00:16:03 WIB

    Seorang Pasien Covid-19 di Sumbar Meninggal Dunia

    Seorang Pasien Covid-19 di Sumbar Meninggal Dunia HARIANHALUAN.COM - Satu pasien Covid-19 di Sumbar meninggal dunia berdasarkan update data yang dikeluarkan oleh Juru Bicara Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal. Pasien tersebut merupakan pria 55 tahun warga Kampu.
  • Ahad, 21 Juni 2020 - 16:23:01 WIB

    Seorang Pegawai Syahbandar Siberut Selatan Terkonfimasi Positif Covid-19

    Seorang Pegawai Syahbandar Siberut Selatan Terkonfimasi Positif Covid-19 HARIANHALUAN - Seorang laki-laki (45) yang diduga sebagai pegawai Syahbandar, Kecamatan Siberut Selatan, Kepulauan Mentawai Terkonfimasi positif virus corona, hal tersebut membuat Pulau ini yang semula nol kasus sekarang peca.
  • Selasa, 16 Juni 2020 - 23:47:31 WIB

    Beredar di Medsos, Seorang Perawat SPH Gugur dalam Penanganan Pasien Covid-19

    Beredar di Medsos, Seorang Perawat SPH Gugur dalam Penanganan Pasien Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Beredar di media sosial Facebook seorang perawat di Semen Padang Hospital Kota Padang Sumatra Barat (Sumbar) meninggal dunia dalam menjalankan tugas penanganan pasien Covid-19..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]