Presiden Jokowi Yakin Indonesia Bisa Jadi Negara Berpenghasilan Tinggi


Sabtu, 04 Juli 2020 - 18:48:41 WIB
Presiden Jokowi Yakin Indonesia Bisa Jadi Negara Berpenghasilan Tinggi Presiden Jokowi

HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo optimistis Indonesia bisa menjadi negara berpenghasilan tinggi. Syaratnya, perguruan tinggi mulai menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan kebutuhan infrastruktur terus digenjot pemerintah. Menjadi negara berpenghasilan tinggi bukan hal mudah. 

Banyak negara yang selama berpuluh tahun hanya berhenti pada pendapatan menengah alias terjebak dalam middle income trap. Bank Dunia mengelompokkan Indonesia ke dalam negara berpendapatan menengah atas. Pengelompokkan ini dihitung berdasarkan GNI per kapita masing-masing negara dengan metode Atlas Bank Dunia dan memiliki pendapatan nasional bruto atau gross national income di antara 4.046-12.535 USD per tahun.

"Posisi strategis pendidikan tinggi yaitu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi mencetak generasi muda yang produktif dan kompetitif, yang selalu berjuang untuk kemanusiaan dan kemajuan Indonesia," kata Jokowi saat membuka konferensi virtual Forum Rektor Indonesia yang disiarkan di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (4/7/2020).

Kampus harus mencetak generasi unggul. Caranya, terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman dan jangan lagi disibukkan hal-hal yang bersifat administratif. Seluruh perguruan tinggi, harus membangun karakter mahasiswa yang nasionalis dan berakhlak mulia, termasuk menciptakan suasana lingkungan penuh toleransi, menghargai demokrasi, anti korupsi, memperkokoh rasa kebangsaan, menghargai kebinekaan, dan berintegritas tinggi.

Kampus harus lebih aktif bekerja sama dengan industri. Hal ini bukan hanya memberikan pengalaman kerja bagi mahasiswa, tetapi untuk pengembangan teknologi dan riset. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]