Penyebab AC Mobil Bau Tak Sedap saat Dinyalakan, Oh Ternyata...


Ahad, 05 Juli 2020 - 13:22:27 WIB
Penyebab AC Mobil Bau Tak Sedap saat Dinyalakan, Oh Ternyata... Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Penyejuk ruangan atau Air Conditioner ( AC) merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Terlebih, bagi wilayah yang memiliki dua musim sebagaimana Indonesia.

Tapi dalam pemakaiannya, sering kali pemilik merasakan ada bau kurang sedap yang berhembus ketika AC baru dinyalakan. Padahal pada penggunaan terakhir baik-baik saja.

Dijelaskan Business Development Rotary Bintaro, Kelvin Ong, hal tersebut dikarenakan kondisi AC sedang tidak sehat. Penyebabnya beragam, mayoritas evaporator kotor.

"Bisa juga karena posisi parkir terakhir mobil tidak baik, seperti langsung terpapar sinar matahari atau sekelilingnya kotor. Pastinya, kalau AC baru dinyakan dan ada bau apak, berarti AC sudah tidak sehat meski udaranya masih dingin," katanya dikutip dari Kompas.com, Minggu (5/7/2020).

Lebih jauh, bila dalam beberapa menit setelahnya embusan AC menjadi tidak dingin, maka pemilik patut melakukan pemeriksaan ke bengkel guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

"Suhu normal AC itu tiga sampai delapan derajat (pengukuran dengan alat termometer digital). Kalau suhunya di atas itu, jelas AC mobil tidak normal atau tidak sehat," ujar Kelvin.

"Oleh karena itu, lakukan perawatan AC secara rutin dan detil, jangan hanya servis standar dan ganti filter saja. Cek komponen receiver dryer, expansion valve, hingga flushing system," lanjutnya.

Receiver dryer merupakan komponen yang memiliki peran penting untuk menyaring kotoran yang masuk kedalam mesin atau sistem AC. Sementara expansion valve berperan mengubah freon yang cair ke dalam bentuk gas. (*)

loading...
 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 20 Juli 2020 - 07:57:12 WIB

    5 Penyebab Kamu Terlalu Cemburuan pada Pasangan

    5 Penyebab Kamu Terlalu Cemburuan pada Pasangan HARIANHALUAN.COM - Cemburu sebagai tanda cinta adalah kalimat yang perlu ditinjau ulang. Awal mula perasaan cemburu merupakan bentuk dari insecure seseorang. Insecure merupakan kondisi saat seseorang merasa tidak aman dan ny.
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 11:20:50 WIB

    4 Makanan Penyebab Kista, Wanita Wajib Tahu

    4 Makanan Penyebab Kista, Wanita Wajib Tahu HARIANHALUAN.COM - Makanan penyebab kista ini wajib diketahui semua orang, terutama bagi perempuan. Soalnya, makanan penyebab kista ini sering kita temui dan bahkan bisa jadi selalu dikonsumsi..
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 20:25:50 WIB

    Perhatikan, Ini Makanan dan Minuman Penyebab Sering Kentut

    Perhatikan, Ini Makanan dan Minuman Penyebab Sering Kentut HARIANHALUAN.COM - Makanan dan minuman penyebab sering kentut tentu harus diperhatikan jumlah konsumsinya. Hal tersebut menjadi perlu agar tidak mengganggu setiap aktivitas yang Anda lakukan di setiap harinya. Kentut memangla.
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 06:29:43 WIB

    5 Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut saat Pakai Masker

    5 Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut saat Pakai Masker HARIANHALUAN.COM -- Beberapa orang mungkin tidak menyadari jika mereka memiliki napas yang berbau kurang sedap. Namun semenjak pandemi Corona yang mengharuskan setiap orang menggunakan masker, bau mulut tersebut akan lebih mu.
  • Sabtu, 02 Mei 2020 - 17:33:11 WIB

    8 Penyebab Perut Buncit saat Puasa, Tak Cuma Kalap Makan

    8 Penyebab Perut Buncit saat Puasa, Tak Cuma Kalap Makan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Selama bulan Ramadan, banyak orang Muslim yang mengeluhkan berat badannya naik meski menjalankan puasa. Jika Anda salah satu yang mengalaminya, mungkin saja ada yang salah dalam pola makan dan .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]