Viral, Bunga Ini Mekar Saat Azan Maghrib Berkumandang


Ahad, 05 Juli 2020 - 13:39:40 WIB
Viral, Bunga Ini Mekar Saat Azan Maghrib Berkumandang Beredar video viral bunga-bunga bermekaran setiap azan berkumandang.

HARIANHALUAN.COM - Beredar video viral bunga-bunga berwarna kuning mekar ketika azan berkumandang. Fenomena itu pun menjadi pembahasan umat Islam dan publik di seluruh dunia.

Mengutip dari The Islamic Information, Minggu (5/7/2020), peristiwa ini dilaporkan terjadi di Azerbaijan. Dalam video viral tersebut, bunga itu disebut sebagai Bunga Azan.

Saking memikatnya fenomena alam ini, sampai-sampai banyak orang membagikan video viral tersebut melalui media sosial. Mereka menilai momen keajaiban itu sangat layak disaksikan dan diambil hikmahnya.

Bahkan seorang jurnalis sangat terkejut ketika menyaksikan langsung keajaiban ini. Ia memuji hubungan antara agama dan sains, serta menyebutnya sebagai kombinasi sempurna.

Ini benar-benar mengingatkan setiap orang beriman bahwa Allah Subhanahu wa ta'ala memiliki banyak mukjizat yang belum ditunjukkan. Fenomena tersebut kemudian disiarkan hingga orang-orang semakin sadar akan kebesaran Allah Ta'ala.

Bukan hanya umat Islam, tetapi non-Muslim juga sangat terkejut melihat bunga mekar ketika azan ini. Mereka bahkan memuji bagaimana alam terhubung dengan azan yang merupakan panggilan sholat.

Menurut ahli botani di Azerbaijan, bunga-bunga ini dapat ditemukan dalam berbagai bentuk serta warna. Setiap tanaman itu memiliki keistimewaan dengan caranya masing-masing.

Lalu apakah benar bunga-bunga tersebut mekar setiap kali mendengar azan berkumandang?

Mengutip dari Kominfo.go.id, setelah ditelusuri bunga yang mekar saat azan berkumandang itu ternyata tidaklah benar atau disinformasi. Video viral yang diunggah ke media sosial tersebut tidak sesuai fakta sebenarnya.

Nama asli bunga tersebut adalah Oenothera atau "Evening Primrose". Bunga ini berasal dari Amerika Utara dan Selatan.

Oenothera juga tumbuh di seluruh negara Eropa dan sebagian Asia. Bunga itu mekar ketika matahari terbenam atau sore hari dan menutup pada siang hari esoknya.

Jadi mekarnya bunga Oenothera kemungkinan memang bertepatan dengan azan Sholat Magrib atau saat matahari terbenam.

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]