5 Bandara yang Sediakan Layanan Tes PCR dan Tarifnya, Termasuk BIM


Ahad, 05 Juli 2020 - 14:02:55 WIB
5 Bandara yang Sediakan Layanan Tes PCR dan Tarifnya, Termasuk BIM Dok ANTARA

HARIANHALUAN.COM - Di masa adaptasi kebiasaan baru terhadap pandemi virus corona, ada sejumlah persyaratan yang harus penumpang penuhi sebelum melakukan perjalanan. Salah satunya adalah rapid test atau tes PCR. 

Penumpang dalam sebagian besar moda transportasi di Indonesia saat ini wajib menjalani salah satu tes virus corona, bisa rapid test atau tes PCR, termasuk bila ingin bepergian menggunakan pesawat. 

Sejumlah maskapai dan agen travel pun telah menyediakan layanan rapid test untuk memudahkan penumpang. Selain maskapai dan agen travel, beberapa bandara di Indonesia juga membuka layanan ini bagi para penumpangnya.

Melansir berbagai pemberitaan Kontan.co.id, berikut adalah beberapa bandara tersebut: 

1. Yogyakarta International Airport (YIA) 

Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) menjadi salah satu bandara yang menyediakan fasilitas layanan rapid test bagi calon penumpangnya. Biaya yang harus penumpang keluarkan sebesar Rp 290.000. 

Menurut akun Instagram YIA @bandarayogyakarta, layanan tersebut berada di lantai mezzanine gedung penghubung YIA. Layanan ini buka setiap hari mulai pukul 06.00-16.00 WIB. Para penumpang hanya perlu menunggu sekitar 30 menit untuk menunggu hasil tesnya. 

2. Bandara Soekarno-Hatta  

Bandara Soekarno-Hatta juga memiliki layanan rapid test. Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga Simatupang mengatakan, tarif untuk rapid test sekitar Rp 280.000. 

Layanan rapid test untuk calon penumpang tersebut berlokasi di Terminal 3 ruang tunggu umrah dan Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta. Hasil tes akan keluar sekitar 30 menit. 

Calon penumpang yang melalui Bandara Soekarno-Hatta juga bisa menjalani drive thru rapid test. Lokasi di Soewarna Business Park. Layanan ini digelar oleh Laboratorium Klinik Berlian dengan dukungan Realy Tech.

Untuk bisa melakukan rapid test ini, calon penumpang tidak perlu turun dari kendaraan, dengan biaya sebesar Rp 199.000. Hasil tes keluar dalam waktu 7 menit saja. Layanan ini buka pada pukul 04.00-20.00 WIB. 

3. Bandara Husein Sastranegara 

Bandara Husein Sastranegara Bandung juga menyediakan layanan rapid test di Area Curbside Terminal Keberangkatan Domestik. Fasilitas ini telah dibuka secara resmi pada 1 Juni 2020 lalu.  

Bagi calon penumpang yang hendak melakukan rapid test di bandara ini akan kena biaya sebesar Rp 225.000. Hasil tersebut akan keluar dalam waktu sekitar 15 menit.

4. Bandara Supadio 

Fasilitas rapid test juga tersedia di Bandara Internasional Supadio Pontianak, Kalimantan Barat. Layanan ini telah dibuka sejak 17 Juni lalu di eks Gedung VIP yang berada di sebelah Barat Laut Terminal Kedatangan Bandara Supadio. 

Fasilitas rapid test bekerjasama dengan Kimia Farma. Tarifnya sebesar Rp 280.000. Syarat untuk mengikuti tes tersebut adalah cukup melampirkan KTP bagi orang dewasa, sedangkan anak-anak menggunakan kartu keluarga. 

5. Bandara Minangkabau  

PT Angkasa Pura II, pengelola Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman, menyediakan layanan rapid test Covid-19 bagi calon penumpang. Layanan ini bekerjasama dengan Kimia Farma Labor Klinik Padang dan telah buka mulai 12 Juni lalu. (*)

loading...
 Sumber : Kontan.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 21:29:16 WIB

    11 Jam Diperiksa, Anji Dicecar 45 Pertanyaan oleh Penyidik

    11 Jam Diperiksa, Anji Dicecar 45 Pertanyaan oleh Penyidik HARIANHALUAN.COM - Artis Erdian Aji Prihartanto atau yang lebih dikenal dengan Anji selesai menjalani pemeriksaan di kantor Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya sekitar pukul 19.50 WIB. Pemeriksaan atas kasus d.
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 16:59:00 WIB

    Realisasi NPHD Pilkada 2020 di Sumbar Capai 51,69%

    Realisasi NPHD Pilkada 2020 di Sumbar Capai 51,69% HARIANHALUAN.COM - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Mochamad Ardian terus memonitor progres realisasi penyaluran Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk pelaksanaan Pem.
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 14:23:41 WIB

    Yuk Ikuti Upacara Virtual HUT ke-75 RI, Begini Caranya

    Yuk Ikuti Upacara Virtual HUT ke-75 RI, Begini Caranya HARIANHALUAN.COM - Sekretariat Presiden membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka melalui konferens.
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 13:51:52 WIB

    25.000 Nelayan Kubu Gunakan Konverter Kit ABG

    25.000 Nelayan Kubu Gunakan Konverter Kit ABG HARIANHALUAN.COM - Konverter Kit ABG, salah satu kreasi dan inovasi seorang nelayan bernama Amin Ben Gas di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010 silam, hingga kini, dinilai b.
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 17:21:31 WIB

    Begini Cara Cairkan Duit Rp 600 Ribu untuk Pekerja Bergaji di Bawah Rp5 Juta

    Begini Cara Cairkan Duit Rp 600 Ribu untuk Pekerja Bergaji di Bawah Rp5 Juta HARIANHALUAN.COM - Pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta sebulan akan diberikan subsidi Rp 600 ribu dari pemerintah. Subsidi ini bagian dari bantuan langsung tunai selama pandemi virus corona..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]