Agar Kuota Internet Tidak Mudah Habis, Berikut Hal yang Bisa Anda Lakukan


Ahad, 05 Juli 2020 - 15:23:20 WIB
Agar Kuota Internet Tidak Mudah Habis, Berikut Hal yang Bisa Anda Lakukan (Foto: Unsplash)

HARIANHALUAN.COM - Di tengah pandemi Covid-19, sebagian karyawan bekerja dari rumah. Hal ini guna memutus penyebaran virus corona agar tidak semakin meluas.

Saat bekerja di rumah atau work from home (WFH), Anda perlu menyiapkan kuota data internet yang cukup. Agar kuota internet tidak mudah habis, berikut hal yang bisa Anda lakukan, seperti dikutip iNews.

1. Aktifkan Data Saver di Chrome

Chrome merupakan salah satu aplikasi yang paling sering digunakan banyak orang. Jika ingin menghemat kuota saat berinternet ria menggunakan Chrome, pengguna bisa memanfaatkan fitur Data Saver.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke Chrome kemudian pilih menu pengaturan yang dapat diakses di pojok kanan atas, lalu buka Data Saver atau Penyimpanan Data dan aktifkan.

2. Pembatasan Penggunaan Data

Hal ini dilakukan agar pengguna dapat mengatur kuota internet setiap harinya. Jika sudah mendekati batas penggunaan kuota, akan ada peringatan. Caranya cukup mudah, dengan menyetel pembatasan pemakaian data yang memang telah ada di smartphone.

Cara pengaturannya cukup sederhana yakni masuk ke menu Setting (pengaturan) kemudian pilih Connections (koneksi) lalu klik Set mobile data limit atau Limit mobile data usage.

3. Batasi Background

Biasanya, aplikasi-aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, Instagram atau bahkan game online, jika tidak dimatikan, akan terus berjalan dan 'mencuri' kuota internet secara diam-diam.

Untuk mengatasi hal tersebut, pengguna sebaiknya membuka pengaturan (Setting) lalu klik data usage. Nantinya akan ada berbagai aplikasi yang muncul berdasarkan seberapa banyak data kuota yang dipakai. Klik aplikasi yang ingin dibatasi, kemudian klik Restrict app background data.

4. Matikan Update Aplikasi Secara Otomatis

Kasus ini yang paling sering dihadapi pengguna smartphone yakni update aplikasi secara otomatis. Seperti diketahui, ada beberapa aplikasi yang punya kapasitas cukup besar, terlebih jika sudah ada pengumuman pembaharuan.

Pengguna smartphone harus memperhatikan setting untuk tidak terupdate secara otomatis. Caranya, bukalah Play Store, klik Settings Auto-update apps.

Di situ ada tiga pilihan yang bisa dipilih dan sebaiknya pilih Over Wi-Fi only atau Don’t auto-update apps untuk menghindari update dengan paket data. (*)

loading...
 Sumber : Okezone.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 15 Juli 2020 - 16:42:50 WIB

    Ini Tips Bikin Status WhatsApp agar Terlihat Menarik

    Ini Tips Bikin Status WhatsApp agar Terlihat Menarik HARIANHALUAN.COM - WhatsApp merupakan aplikasi pesan yang bisa diunduh di Android dan iOS. WhatsApp menyediakan berbagai macam fitur, termasuk fitur Status yang memungkinkan pengguna mengirimkan foto atau teks..
  • Senin, 13 Juli 2020 - 12:31:15 WIB

    Cara Join Zoom agar Bisa Ikut Rapat Online

    Cara Join Zoom agar Bisa Ikut Rapat Online HARIANHALUAN.COM - Zoom kini jadi aplikasi yang banyak digunakan untuk rapat online selama masa pandemi virus corona Covid-19. Lantas, bagaimana cara join Zoom?..
  • Jumat, 17 April 2020 - 23:49:38 WIB

    Begini Caranya Agar Terhindar dari Zoom Bombing

    Begini Caranya Agar Terhindar dari Zoom Bombing JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Zoom bombing adalah masalah pada aplikasi video conference, Zoom. Istilah itu merujuk pada aksi penyusupan hacker pada sebuah pertemuan virtual dengan membajak, mengganggu, mencuri, ataupun mengan.
  • Rabu, 27 November 2019 - 15:00:27 WIB

    Dukung Satu Nagari Satu Produk, PNP Ciptakan Teknologi Pengolahan Nira Otomatis di Agam

    Dukung Satu Nagari Satu Produk, PNP Ciptakan Teknologi Pengolahan Nira Otomatis di Agam PADANG, HARIANHALUAN.COM – Mendukung program satu nagari satu produk, Politeknik Negeri Padang (PNP) menciptakan teknologi pengolahan nira otomatis yang bisa dipergunakan oleh masyarakat Nagari Bukik Batabuah Kecamatan Cand.
  • Rabu, 20 November 2019 - 08:49:33 WIB

    Tips Amankan Saldo Gopay Agar Tak Diretas Seperti Aura Kasih

    Tips Amankan Saldo Gopay Agar Tak Diretas Seperti Aura Kasih TEKNOLOGI, HARIANHALUAN.COM - Penyanyi Aura Kasih mengaku kehilangan uang Rp11 juta yang ia simpan di aplikasi transportasi via daring (online) Gojek usai akun alat pembayaran Gopay-nya diretas..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]