Keltan Agam Jalani Panen Raya Jenis IR 42 Diikuti Walnag Hingga Camat


Ahad, 05 Juli 2020 - 19:18:55 WIB
Keltan Agam Jalani Panen Raya Jenis IR 42 Diikuti Walnag Hingga Camat Panen raya

HARIANHALUAN.COM - Kelompok Tani (Keltan) Batang Kurambik Nagari Koto Gadang VI Koto Kecamatan Tanjung Raya melakukan panen raya padi IR 42 untuk pertama kalinya.

Panen tersebut diikuti langsung oleh Camat Tanjung Raya Handria Asmi dan Wali Nagari Koto Gadang VI Koto Amrizal. Handria mengaku bersyukur kelompok petani di Koto Gadang bisa melakukan panen raya padi secara bersama-sama.

“Alhamdulilah, petani kita tetap semangat meskipun pandemi Covid-19. Alhasil, bisa panen raya perdana,” katanya Sabtu (4/7/2020).

Hasil panen ini juga bisa sebagai stok ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19. Handria mengatakan bahwa padi merupakan salah satu komoditi pangan terbesar di salingka danau. Sehingga diyakini mampu mendorong peningkatan ekonomi masyarakat dan menjaga kestabilan produksi beras.

“Untuk itu kita menyambut baik dan apresiasi setinggi-tingginya atas diselenggarakannya panen raya padi yang diprakarsai Keltan Batang Kurambik,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Batang Kurambik Efrizal, Dt Bandaro Rajo menjelaskan luas padi yang dipanen saat ini adalah setengah hektar dengan produksi padi sekitar 100 karung. “Jika diuangkan berkisar Rp 20 jutaan lah,” terangnya.

Dari jumlah sebanyak itu, modal yang dikeluarkan mulai sejak benih sampai panen sekitar tiga hingga lima jutaan. Menurutnya, banyak keuntungan yang dirasakan apabila masuk dalam kelompok tani.

“Kalau kita mengelola padi sendiri banyak pengeluarannya. Banyak uang dihabiskan untuk upah saja. Kalau kelompok tani-kan bergotong-royong” ujar mantan Wali Nagari Koto Gadang VI Koto itu. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Sumber : Agam Media Center (AMC) /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 05 Agustus 2020 - 21:01:32 WIB

    Budidaya Bawang Putih, Keltan Toboh Organik Panen 1,5 Ton

    Budidaya Bawang Putih, Keltan Toboh Organik Panen 1,5 Ton HARIANHALUAN.COM - Kelompok Tani Toboh Organik, Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, melakukan panen perdana bawang putih pada Rabu (5/8/2020). Panen perdana ini dilakukan oleh Kadis Pertanian diwakili Kab.
  • Jumat, 24 Juli 2020 - 16:31:24 WIB

    Keltan Mitra Tani Desa Taluak Terima Bantuan Mesin Perontok Jagung

    Keltan Mitra Tani Desa Taluak Terima Bantuan Mesin Perontok Jagung HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Dasril menyerahkan mesin Corn Sheller Mobile atau mesin untuk perontok jagung kepada Kelompok Tani Mitra Tani Desa Taluak Pariaman Selatan, Jumat (.
  • Jumat, 21 Februari 2020 - 23:09:04 WIB

    Keltan Bungo Tanjung Sijunjung Dikenalkan dengan Teknik Roguing

    Keltan Bungo Tanjung Sijunjung Dikenalkan dengan Teknik Roguing SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung mengenalkan teknik roguing kepada kelompok tani (Keltan) Bungo Tanjung di Dem Area keltan setempat, Jumat (21/2). Kegiatan roguing tersebut merupakan Sekolah .
  • Jumat, 07 Juli 2017 - 11:48:18 WIB

    Keltan Keramba Jala Apung Beralih Usaha

    Keltan Keramba Jala Apung Beralih Usaha AGAM,HALUAN -- Untuk membantu pelestarian Danau Maninjau yang tercemar berat sembilan kelompok peternak ikan keramba jala apung (KJA) bersedia mengalihkan usahanya ke darat..
  • Kamis, 10 November 2016 - 00:14:22 WIB

    36 Keltan Dapat Bantuan Traktor Tangan

    36 Keltan Dapat Bantuan Traktor Tangan BATUSANGKAR, HALUAN — Sebanyak 36 kelompok tani (keltan) di Kabupaten Tanah Datar menerima bantuan traktor tangan (hand tractor) dari Kementerian Pertanian RI yang diserahkan langsung oleh anggota DPR RI Hermanto, dan diter.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]