Dua Nagari di Dharmasraya masih Terisolasi Karena Banjir


Senin, 06 Juli 2020 - 11:08:06 WIB
Dua Nagari di Dharmasraya masih Terisolasi Karena Banjir Longsor di Kabupaten Dharmasraya.

HARIANHALUAN.COM - Dua nagari atau desa adat di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat masih terisolasi akibat bencana banjir diikuti tanah longsor yang melanda kawasan itu sejak Sabtu (4/7/2020) malam hingga Minggu (5/7/2020) pagi.  

Pantauan harianhaluan.com, beberapa ruas jalan utama di wilayah itu tertimbun material longsor mencapai panjang hingga 20 meter yang mengakibatkan akses dari Jorong Pulau Anjolai, Lubuk Minsagu dan Durian Simpai, Nagari Ampek Koto Dibawah terputus. Kemudian, akses jalan di Jorong Bugah, Padang Hilalang Nagari Banai jalan juga tak bisa dilewati akibat tertutup lumpur tebal.

Sementara itu, Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt. Rajo Medan yang langsung turun ke lokasi bencana, Minggu (5/7/2020) mengatakan, saat ini upaya pembersihan sisa longsoran terus dilakukan guna membuka kembali akses jalan bagi masyarakat di kawasan tersebut. Longsoran tanah setinggi 3 hingga 4 meter itu tidak hanya menyebabkan terputusnya akses, namun juga menyebabkan robohnya tiang listrik.

"Saat ini, pasokan listrik pun terputus ke daerah itu," ungkapnya di Dharmasraya, Senin (6/7/2020) pagi. 

Dia mengimbau seluruh warga untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan tidak usah keluar rumah jika tidak ada kepentingan mendesak. Ia juga meminta pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk dapat kiranya segera memperbaiki jaringan dan tiang listrik yang roboh akibat dihantam banjir maupun longsor.

Terpisah, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0310 Sawahlunto, Sijunjung Dharmasraya (SSD), Letkol Inf. Dwi Putranto melalui Danramil 03/Pulau Punjung Mayor CAJ(K) Tuti Andayani mengatakan, saat ini telah dilakukan penanganan oleh tim gabungan personil TNI Polri dan BPBD di lokasi bencana.  

"Dari informasi yang diterima, pada sore kemarin sekira jam 16.00 WIB kembali terjadi longsor susulan di wilayah jorong Buga nagari Banai kecamatan IX Koto," ungkapnya. (*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]