Kasus Baru Corona Melonjak, Australia Akan Tutup Negara Bagian


Senin, 06 Juli 2020 - 12:31:33 WIB
Kasus Baru Corona Melonjak, Australia Akan Tutup Negara Bagian Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Australia akan secara efektif menutup negara bagian Victoria. Australia mengumumkan tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengatasi lonjakan kasus infeksi virus Corona yang mengkhawatirkan.

Seperti dilansir AFP, Senin (6/7/2020) untuk pertama kalinya sejak pandemi dimulai, perbatasan antara dua negara bagian terpadat di Australia - Victoria dan New South Wales - akan ditutup mulai tengah malam Selasa (7/7/2020). Pengumuman ini disampaikan pada Senin (6/7) oleh para pejabat dari kedua negara bagian.

Victoria - yang berpenduduk 6,6 juta orang - mengumumkan rekor 127 kasus baru Corona pada hari Senin (6/7), ketika virus menyebar melalui Melbourne, termasuk sebuah cluster di beberapa blok apartemen padat penduduk.

Perdana Menteri Victoria Daniel Andrews menggambarkan keputusan untuk menutup negara bagian sebagai "peringatan cerdas, peringatan yang tepat saat ini, mengingat tantangan signifikan yang kita hadapi dalam mengatasi virus ini".

Rencana untuk membuka kembali perbatasan Victoria dengan Australia Selatan sudah disiapkan.

Setelah berminggu-minggu melonggarkan pembatasan virus, Melbourne telah mengalami lonjakan besar dalam penularan virus, yang menyebabkan pejabat kesehatan secara efektif menutup beberapa lingkungan di seluruh kota sampai akhir Juli.

16 kasus baru terdeteksi di sembilan gedung perumahan umum bertingkat tinggi, di mana 3.000 penduduk dikarantina di rumah mereka pada hari Sabtu (4/7) dalam respons Australia terhadap COVID-19 yang paling ketat.

Sejauh ini, hanya 53 kasus telah dicatat ada di gedung-gedung - yang merupakan tempat tinggal bagi sejumlah besar migran rentan - tetapi ada kekhawatiran virus itu dapat menyebar dengan cepat. Seorang pejabat kesehatan menyamakan kondisi yang padat di dalam gedung dengan "kapal pesiar vertikal ".

Kapal pesiar muncul sebagai titik awal Corona, dengan penumpang dan awak berisiko tinggi terhadap infeksi - sering dikemas dalam kabin kecil.

Andrews mengatakan makanan dan mainan telah dikirimkan kepada para keluarga, sementara bantuan kesehatan mental dan bantuan medis lainnya diberikan ketika para pejabat berusaha menguji setiap penduduk selama beberapa hari mendatang.

"Ini adalah tugas besar dan pesan untuk semua orang di gedung... adalah staf - ribuan dari mereka - melakukan yang terbaik, sangat baik dari yang mereka bisa dan mereka akan terus melakukan segala yang mereka bisa untuk mendukung mereka yang terkena dampak lockdown ini," katanya.

Sebagian besar kasus harian baru Corona sekarang terdeteksi di Melbourne, sementara sebagian besar wilayah lain menikmati pembatasan yang longgar setelah wabah sempat mereda.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]