Anak Tak Lulus PPDB Jalur Zonasi, Orang Tua Siswa Datangi Disdik Sumbar


Senin, 06 Juli 2020 - 13:14:38 WIB
Anak Tak Lulus PPDB Jalur Zonasi, Orang Tua Siswa Datangi Disdik Sumbar Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 72.682 calon peserta didik SMA dan SMK di Sumatera Barat (Sumbar) telah melakukan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sejak dibuka Senin (29/6) hingga hari ini Senin (6/7/2020). Sementara itu, daya tampung calon peserta didik SMK yaitu 32.508 orang, sedangkan daya tampung calon peserta didik SMA yaitu 54.755 orang. 

Dari hasil sementara, terdapat beberapa calon peserta didik yang dinyatakan tak lulus di jalur zonasi karena salah satunya terhalang jarak tempuh dari rumahnya ke sekolah. Sehingga, banyak orang tua yang meluapkan kekesalannya dan mendatangi kantor Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar.

Salah seorang orang tua calon peserta didik, Febrina mengatakan, anaknya tidak lulus karena memang jarak tempuk dari rumahnya ke sekolah sekitar 3 Km. Sehingga pada pendaftaran jalur zonasi dinyatakan tak lulus.

"Saya kurang update mengenai jalur afirmasi sedangkan saya punya kartu PKH. Sekarang anak saya tak lulus padahal nilai anak saya 85 ke atas. Kalau zonasi tolong lah buatkan sekolah di Kelurahan Pasar Gadang itu," katanya dengan berlinang air mata.

Tujuan dirinya mendatangi posko PPDB 2020 di Disdik Provinsi Sumbar untuk menanyakan jalan keluar supaya anaknya tetap dapat bersekolah di negeri. Sebab jika ia menyelolahkan anaknya di swasta Febrina merasa tak mampu membayarnya.

"Entah sekarang swasta dan negeri sudah bekerja sama. Ya gimana lagi kalau tak lulus begini," keluhnya. 

Ia juga mengatakan karena dinyatakan tak lolos, anaknya kecewa hingga tak mau makan dan sakit. Ia meminta kepada Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar agar dapat mengutamakan nikai calon peserta didik. Jangan hanya berpaku di syarat batas umur saja.

"Diutamakan juga lah nilai anak. Bagi kami yang kurang update ini apakah ada tahap keduanya untuk jalur afirmasi. Kalau menang tak lolos di jalur zonasi ya tolong saja bangun sekolah," tegasnya.(*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]