Dua Kandidat Doktor Luar Negeri Dilibatkan Review SDM Perguruan Thawalib


Senin, 06 Juli 2020 - 15:53:54 WIB
Dua Kandidat Doktor Luar Negeri Dilibatkan Review SDM Perguruan Thawalib (Dari kiri) Irwandi Maek dan Yulius Sikumbang dalam acara penyusunan RPP di Perguruan Thawalib, Senin (6/7/2020).

HARIANHALUAN.COM - Dua orang kandidat doktor dari luar negeri dilibatkan Perguruan Thawalib dalam melakukan review terhadap sumber daya manusia (SDM) dalam bidang pendidikan.

Kedua kandidat doktor tersebut adalah Irwandi Maek yang saat ini mengambil program doktor di Universitas Radboud Nijmegen, Belanda dan Yulius Sikumbang yang mengambil program doktor di International Islamic University Malaysia (IIUM).

Kedua orang tersebut hadir dalam kegiatan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tahun ajaran 2020/2021, Senin (6/7/2021) di aula Dr Abdul Karim Amrullah, Padang Panjang.

Sekretaris Umum Yayasan Thawalib Irwan Natsir mengatakan, kegiatan penyusunan RPP tersebut adalah bagian dari program kerja Yayasan Thawalib dalam memperkuat pengajaran di Perguruan Thawalib.
"Kegiatan ini dilakukan untuk mempersiapkan tahun ajaran baru 2020/2021," ujarnya.

Menjelang tahun ajaran baru bulan Juli ini, berbagai persiapan dilakukan Perguruan Thawalib. Salah satunya memperkuat pengajaran termasuk tenaga pendidik atau guru. "Review SDM adalah salah satu program yayasan dengan tujuan agar tenaga guru siap dan memiliki kompetensi," kata Irwan Natsir.

Ruh Thawalib

Menurut Irwandi Maek, ruh Thawalib ada pada kurikulum dan kitab kitab khas Thawalib. Sehingga hal ini yang menjadi nilai lebih dan ciri khas bagi Perguruan Thawalib.

Kekuatan Perguruan Thawalib yang didirikan tahun 1911 terletak pada kurikulum dan kitab kitab Thawalib yang diajarkan kepada seluruh santri Thawalib. "Apa yang dilakukan oleh Yayasan Thawalib saat ini adalah bagaimana ruh Thawalib pada saat ini tetap terjaga sehingga menjadi ciri khas bagi Thawalib," kata Irwandi Maek.

Perguruan Thawalib memiliki berbagai macam kitab yang diajarkan untuk tingkat Tsanawiyah dan Kuliyatul Ulum El Islamiyah (KUI). Sedikitnya ada 12 kitab untuk jenjang Tsnawiyah dan 20 kitab untuk jenjang KUI.

Kitab kitab khas Thawalib yang semuanya berbahasa arab dan kitab gundul diajarkan kepada santri Thawalib.
Dalam persiapan memasuki tahun ajaran baru, berbagai langkah persiapan dilakukan Perguruan Thawalib, terutama dalam aspek pendidikan.(*)

loading...
 Sumber : rilis /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]