Maju Pilgub Sumbar 2020, Faldo Maldini Masuk Politik Karena Sakit Hati


Senin, 06 Juli 2020 - 16:48:44 WIB
Maju Pilgub Sumbar 2020, Faldo Maldini Masuk Politik Karena Sakit Hati Calon Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Faldo Maldini.

HARIANHALUAN.COM - Faldo Maldini seorang tokoh muda yang sudah dideklarasikan oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai bakal calon gubernur Sumatera Barat. Anak muda kelahiran Padang ini sudah begitu dikenal elit nasional sejak duduk di bangku kuliah.

"Saya banyak organisasi, banyak ketemu orang. Bang Fadjroel, Jubir Presiden, teman sejak kuliah S1. Pak Jonan kenal saya waktu beliau Dirut KAI, saya pimpin aksi penutupan rel kereta karena pedagang digusur tanpa solusi. Waktu kuliah di Eropa, saya jadi Ketua PPI UK, mulai kenal Pak JK, Pak Din Syamsuddin, sampai Pak Zul Hasan waktu itu Menhut. Kami selalu sambut kedatangan beliau-beliau di London," kata Faldo, Senin (6/7).

Mantan Ketua BEM UI ini masuk ke dunia politik sejak pulang melanjutkan studi dari Imperial College London, kampus teknik terbaik di Eropa. Awalnya, dia mengaku ingin menjadi dosen dan peneliti di Eropa atau Amerika. Namun, berbalik dirinya ingin berbuat banyak di kampung halamannya.

"Saya itu masih harus lanjut PhD, di MIT atau ikut pembimbing saya pindah ke Oxford. Terus, berkarir di sana. Program beasiswa saya untuk itu. Tapi, ya harus pulang, saya merasa terlalu cinta sama tanah kelahiran. Saya mulai usaha yang basisnya hasil riset lab saya. Ketika kami bangun pabrik, banyak sekali oknum politik coba-coba persulit kami. Saya kesal saja. Kenapa orang yang mau buka lapangan kerja malah dipersulit? Saya yakin banyak orang rasakan itu. Di situ, saya merasa masalah bangsa ini adalah politik. Sakit hati ini buat saya masuk," tambahnya.

Banyak orang mengira Faldo melewati jalan politik yang mudah. Namun, Faldo menjelaskan karir politiknya dijalankan dari bawah dan berliku.

"Saya mulai di partai jadi tukang ketik, angkat kursi, tukang bagi amplop, tukang video, semuanya saya kerjakan. Admin sosmed itu lama sekali saya jalani. Saya lulusan S2 Inggris ketika itu. Kalau saya mau enak, lanjut di perusahaan aja. Banyak yang terima saya. Saya di Garuda juga sempat 2 tahun sebelum fokus di politik. Tapi, kita harus berproses. Sampai saya menjadi Jubir Capres, baru orang lihat saya. Jadi, jangan pernah takut berproses," tutup Faldo.(*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]