DP Rp7 Juta, Warga Sawahlunto Bisa Miliki Hunian Tipe 36


Senin, 06 Juli 2020 - 17:00:11 WIB
DP Rp7 Juta, Warga Sawahlunto Bisa Miliki Hunian Tipe 36 Direktur PT Padang Raya Real Estate di perumahan Alam Asri Kolok. (Foto: Fadil).

HARIANHALUAN.COM - Puluhan konsumen perumahan Alam Asri Kolok di kawasan Desa Kolok Mudik, Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto, mendapatkan ‘angin segar’, seiring dengan kembali digarapnya areal perumahan bersubsidi yang sempat terhenti dalam beberapa tahun terakhir.

Perumahan yang dimulai sejak 2013 lalu itu, kembali ditukangi perusahaan yang sama, yakni PT Padang Raya Real Elstate, yang sebelumnya sempat vakum tidak bisa menyelesaikan pembangunan perumahan.

Saat ini, PT Padang Raya Real Estate kembali melanjutkan pembangunan perumahan di atas lahan seluas 5,5 hektar tersebut, di bawah pimpinan direksi baru, yang membawa harapan bagi konsumen Alam Asri Kolok.

“Ada perubahan yang sangat mendasar atas hunian yang disediakan saat ini, yang tentunya akan membuat konsumen lebih nyaman dalam mendapatkan hunian yang mereka inginkan,” ungkap Direktur PT Padang Raya Real Estate, Suamin kepada Haluan, Senin (6/7).

Ayah dari dua putri itu mengungkapkan, hunian bersubsidi tipe 36 di atas tanah seluas 96 meter persegi dilengkapi dengan dua kamar, lantai rumah full keramik, plafon gypsum, genteng metal, serta kamar mandi di bagian luar.

Dengan uang muka sebesar Rp7 juta, konsumen sudah mendapatkan rumah siap huni, dimana sertifikat, IMB yang telah dipecah, drainase permanen, serta tempat pembuangan sampah sementara.

Yang sangat penting, terang Suamin, konsumen mendapatkan kunci setelah akad kredit, yang didahului setelah lolos persyaratan dan persetujuan penegasan kredit. Sehingga, begitu pembayaran uang muka, konsumen dapat langsung menempati hunian yang diimpikan.

Didampingi Aan, bagian administrasi lapangan PT Padang Raya Real Estate, Suamin meyakini dengan spesifikasi yang ditawarkan, Perumahan Alam Asri Kolok akan dapat menjawab kebutuhan hunian masyarakat di Kota Sawahlunto.

Di atas lahan seluas 5,5 hektar itu, PT Padang Raya Real Estate mempersiapkan 300 unit tipe 36/96 bersubsidi, 61 unit tipe 45/135, dan 22 unit toko. Diperkirakan kawasan Perumahan Alam Asri Kolok menjadi kawasan hunian terbesar di kota berpenduduk 65 ribu jiwa lebih itu.

Di samping itu, Suamin mengatakan, pihaknya juga tengah melakukan penyelesaian terhadap permasalahan yang dihadapi konsumen PT Padang Raya Real Estate, yang sebelumnya terkendala akibat terhentinya proses pembangunan.
Setidaknya terdapat 42 konsumen sudah ada keterikatan dengan direksi yang lama, diminta membawa berkas yang dimiliki, untuk kemudian dicarikan opsi solusi dan penyelesaian dari masalah yang ada.

“42 konsumen  itu ada yang sudah bayar uang muka, sudah lunas, hampir lunas, ada yang beli kapling. Di luar itu juga ada yang sudah akad kredit ada 22 konsumen lainnya. Insha Allah akan kita selesaikan,” ungkap Suamin.

Sedangkan untuk konsumen yang baru, dengan pembayaran uang muka Rp7 juta, setelah setelah terbit surat penegasan persetujuan kredit, yang keluar berdasarkan kemampuan bayar dari konsumen. 

“Begitu setelah disetujui, pembayaran uang muka dan dilanjutkan dengan akad kredit. Insha Allah, kami dapat menjawab kebutuhan rumah bersubsidi dengan spesifikasi yang trbaik bagi masyarakat Sawahlunto,” pungkasnya.

Suamin mengungkapkan terima kasih atas dukungan BTN dan Pemerintah Sawahlunto dengan kemudahan perizinan dan bantuan untuk melanjutkan pelaksanaan pembangunan Alam Asri Kolok.

Lebih dari 22 tahun mengabdi di BTN Padang, sebagai pensiunan Suamin mengaku bangga bisa membantu BTN untuk menggarap asset BTN yang tidak produktif sehingga aktif memberikan pemasukan.

Sejak pensiun 2008 lalu, Suamin sudah menggarap setidaknya tiga perumahan bersubsidi di bawah BTN. Perumahan Alam Asri Kolok menjadi yang keempat baginya. Selain sebagai sumber rezeki, Suamin sangat yakin, pekerjaan yang dilakukannya ini dapat memberikan sumbangsih bagi BTN sendiri.(*)
 

Reporter : Fadilla Jusman /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]