Cara Mengecek Lolos SBMPTN, Buka Alamat Web Ini


Senin, 06 Juli 2020 - 18:33:03 WIB
Cara Mengecek Lolos SBMPTN, Buka Alamat Web Ini Cara Melihat Pengumuman SBMPTN (Ilustrasi : Andhika Akbarayansyah/detikcom)

HARIANHALUAN.COM - Setelah mendaftar SBMPTN dan juga mengikuti tesnya maka selanjutnya adalah menunggu dan mulai melihat pengumuman SBMPTN. Nah, jangan sampai terlewat untuk melihat pengumuman tersebut dengan cara melihat pengumuman SBMPTN.

Pengumuman SBMPTN rencananya akan dilakukan pada tanggal 20 Agustus 2020. Pengumuman ini sangat penting mengingat detikers telah berjuang dengan baik untuk menyelesaikan tes dengan persiapan yang sangat penuh perjuangan. Jika diterima maka detikers bisa langsung menghubungi pihak universitas untuk melakukan daftar ulang, dan jika tidak diterima maka bisa langsung mempersiapkan diri untuk melakukan tes masuk secara mandiri di universitas kesayangan. Ada dua cara melihat pengumuman SBMPTN dengan mudah :

Melihat Pengumuman SBMPTN di Situs Resmi SBMPTN

Pertama, tentunya detikers dapat melihat pengumuman SBMPTB di situs resmi dari SBMPTN. Situs ini merupakan situs yang utama sehingga banyak yang menggunakannya bahkan ada juga yang hanya tahu bahwa situs resmi ini saja yang menjadi tempat untuk melihat pengumuman SBMPTN. Alamat situsnya adalah https://pengumuman-sbmptn.ltpt.ac.id.

Detikers bisa melihat dengan memasukkan nomor peserta SBMPTN, memasukkan tanggal lahir dari mulai tanggal. Bulan, dan tahun. Selanjutnya masukkan kode CAPTCHA sebagai salah satu syarat untuk mendeteksi bahwa detikers bukan robot dan langsung klik tombol Cari dan lihat pengumumannya. Sebelum klik tombol cari, detikers harus mempersiapkan hati yang siap untuk menang sekaligus gagal.

Karena situs utama SBMPTN ini terkadang mengalami masalah karena banyaknya yang mencari pengumuman tersebut maka detikers bisa menggunakan situs alternatif dengan menggunakan laman mirror PTN yang sudah ditunjuk secara resmi oleh pihak panitia SBMPTN sehingga lebih mudah dan tidak rawan down.

Situs Alternatif ini ada banyak sekali sesuai dengan nama Perguruan Tinggi yang ditunjuk. Perguruan tinggi tersebut misalnya adalah Unsyiah, Unand, Unsri, IPB, ITB, Undip, UGM, ITS, Unair, Untan, Unhas. Cara mencarinya gampang yaitu tinggal ketik pada kolom pencarian dengan mengetik https, titik dua, garis miring dua kali, sbmptn, titik, nama PTN, titik, ac, titik id, misalnya https://sbmptn.itb.ac.id.

Faktanya memang masih banyak sekali yang menggunakan situs utama dari LTMPT (lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) karena Kurangnya pengetahuan dan juga sosialisasi dari sekolah sehingga situs sering mengalami down dan akhirnya sangat sulit diakses sehingga malah menbuat semakin panik.

Nah, daripada detikers tambah panik maka lebih baik menggunakan situs alternatif langsung saja dibandingkan menggunakan situs utama akan tetapi ternyata tidak bisa diakses. Hal ini terjadi setiap tahun sehingga tahun ini pun kemungkinan juga akan terjadi sehingga dari pada membuang-buang waktu untuk mencoba situs resmi langsung ke situs alternatif saja.

Setelah membaca beberapa penjelasan di atas maka detikers pasti akan lebih mudah mengecek status kelulusan SBMPTN nantinya. Detikers dapat langsung mengecek di laman SBMPTN resmi, akan tetapi jika jaringan mengalami penurunan maka dapat mengecek di laman mirror PTN. Jangan panik saat melihat pengumuman apalagi tidak segera terbuka atau halaman mengalami masalah.

Detikers yang cerdik tidak perlu khawatir karena masih ada situs lain yang isinya sama. Semoga informasi cara melihat pengumuman SBMPTN di atas dapat berguna bagi kita semua. Semoga semua detikers yang telah mengikuti tes dapat berhasil di SBMPTN tahun ini dan bisa menuntut ilmu di Perguruan Tinggi favorit!. (*)

loading...
 Sumber : Detiknews /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]