Satu Per Satu Maskapai RI Tumpang Gegara Pandemi Covid-19


Senin, 06 Juli 2020 - 18:51:40 WIB
Satu Per Satu Maskapai RI Tumpang Gegara Pandemi Covid-19 Foto: Maskapai Penerbangan Lion Air. Ist

HARIANHALUAN.COM - Dampak pandemi Covid-19 begitu terasa di sektor transportasi, terutama di bisnis penerbangan. Hantaman yang dirasakan bahkan berpotensi lebih parah dibandingkan krisis 1998.

"Untuk Indonesia ini berpotensi lebih buruk daripada krisis moneter 1998 dimana kita lihat industri ini ambruk," kata pengamat penerbangan Gerry Soejatman dikutip dari CNBC Indonesia, Senin (6/7/20).

Dia menilai, skenario terburuk bagi bisnis penerbangan memang ada kekhawatiran satu per satu maskapai mengalami kebangkrutan. Hal ini ditandai dengan berbagai langkah efisiensi demi menyelamatkan bisnis maskapai dari ancaman tersebut.

Bos Garuda Ramal Kinerja Q2 Makin Buruk

"Jadi banyak langkah yang sudah dilakukan cuman kembali lagi ini adalah krisis yang paling buruk yang mereka pernah hadapi mungkin dalam 50 tahun terakhir," katanya.

Gerry menyebut, ketika periode awal pandemi terjadi di Indonesia saja, permintaan sudah anjlok ke angka 30% kapasitas penumpang. Kini, maskapai rata-rata masih menerbangkan 10-20% pesawatnya.

"Sekarang kita dalam dalam kondisi hanya menerbangkan 10-20% dari kondisi normal dari sisi pesawat, juga jauh di bawahnya. Dengan seperti itu, ini kembali lagi kita butuh, tetapi pemerintah pun juga sekarang terjebak antara mitigasi persepsi publik dan juga mitigasi non ilmiah," urainya.

"Tidak semua maskapai terbuka jadi kita tidak bisa melihat bagaimana kondisi keuangannya. Jadi worst case ya kembali seperti tahun 1998, satu per satu bangkrut. Ini banyak di industri ini kalau mikir jangka panjang mereka sangat khawatir," lanjutnya. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 03 Agustus 2020 - 21:17:49 WIB

    3 Saham yang Dilirik Asing, BBCA Salah Satunya

    3 Saham yang Dilirik Asing, BBCA Salah Satunya HARIANHALUAN.COM - Di kuartal kedua ini, ada tiga saham yang diborong asing. Yakni, saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), dan PT Indofood CBP Sukses Mak.
  • Ahad, 28 Juni 2020 - 13:20:51 WIB

    Imbas Corona, Salah Satu Maskapai di AS Minta Pilot Cuti hingga Pensiun Dini

    Imbas Corona, Salah Satu Maskapai di AS Minta Pilot Cuti hingga Pensiun Dini HARIANHALUAN.COM - Industri maskapai penerbangan belum terbebas dari hantaman pandemi COVID-19. Salah satu perusahaan burung besi di Amerika Serikat (AS), Delta Air Lines bahkan sudah membicarakan opsi pensiun dini untuk meng.
  • Selasa, 28 April 2020 - 05:56:20 WIB

    Mantap! Bisnis Satu Ini Mampu Bertahan di Tengah Corona

    Mantap! Bisnis Satu Ini Mampu Bertahan di Tengah Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Bisnis jasa pengiriman logistik dan ekspedisi masih tetap bertahan di tengah merebaknya Corona di Indonesia. Apalagi dengan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan bulan suci Ramadhan..
  • Kamis, 05 April 2018 - 08:55:52 WIB

    Same Day Services, Pasang Baru dan Perubahan Daya Cukup Satu Hari

    Same Day Services, Pasang Baru dan Perubahan Daya Cukup Satu Hari SICINCIN, HARIANHALUAN.COM--– PLN Wilayah Sumbar, Area Padang, Rayon Sicincin baru saja meresmikan  program layanan Same Day Services pada Rabu (04/04). .
  • Kamis, 15 Maret 2018 - 11:27:06 WIB

    JNE Tetapkan Sistem Satu Harga di Sumbar

    JNE Tetapkan Sistem Satu Harga di Sumbar PADANG, HARIANHALUAN—JNE menetapkan sistem satu harga di Sumbar mulai April tahun ini. Perusahaan jasa pengiriman itu menerapkan sistem tersebut untuk memudahkan masyarakat mengingat harga pengiriman..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]