Pilkada Dharmasraya Diprediksi Akan Diwarnai Pertarungan Politisi Milenial dan Senior


Senin, 06 Juli 2020 - 18:58:12 WIB
Pilkada Dharmasraya Diprediksi Akan Diwarnai Pertarungan Politisi Milenial dan Senior Dok haluan

HARIANHALUAN.COM - Ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, diprediksi akan diwarnai pertarungan antara Politisi Milenial dengan Politisi Senior.

Petahana Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang notabene adalah tokoh muda yang memiliki segudang prestasi dalam pemerintahannya saat ini, diperkirakan akan mendapatkan lawan tangguh dari usungan sejumlah koalisi partai politik pemilik kursi legislatif di daerah itu.

Meskipun Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan perkiraan akan kembali mengusung kader terbaiknya yang sedang menjabat bupati saat ini, tentu tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan partner koalisi demi mengamankan segala kebijakan politik usungannya jika terpilih nanti.

Sementara itu, beberapa formasi peluang berkoalisi juga dipastikan akan mengusulkan pasangan calon tandingan dengan misi bisa merebut tongkat kekuasaan tertinggi di daerah berjulukan Bumi Cati Nan Tigo dengan segala keberdayaan dan potensi alam yang dimilikinya.

Sebut saja seperti salah satu politisi senior yang mengaku sudah mengantongi rekomendasi dari partai pemilik tiga kursi DPRD setempat, Partai Nasdem, Ampera Dt Labuan Basa, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kekuatan dua kursi yang sudah mengerucutkan dua nama kadernya untuk diusung, masing-masing atas nama Irmon dan Widayatmo.

Di kubu lainnya, ada nama Yosrial yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Partai Amanat Nasional ( PAN) Dharmasraya, meskipun partainya tidak bisa mengusung sendiri tetapi tidak menutup kemungkinan akan turut memanaskan isu suksesi di daerah itu karena sudah mengantongi empat kursi dan hanya membutuhkan dua kursi lagi.

Berikutnya tentu saja ada nama tokoh politik yang harus diperhitungkan, yakni petahana Wakil Bupati saat ini, Harus Amrizal Dr Rajo Medan yang berdasarkan komposisi fraksi bisa jadi maju sebagai Calon Bupati dari koalisi Partai Golkar dan Berkarya.

Dengan pemetaan formasi fraksi tersebut, diperkirakan pilkada serentak di Dharmasraya akan berlangsung seru dengan perkiraan akan diikuti oleh sedikitnya empat pasangan calon.

Yang jelas, Pilkada Dharmasraya akan menarik apabila empat pasang calon akan beradu kekuatan. (*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]