Pengurus Kadin Jabar Jadi Tersangka Gegara Tulis Kalimat Tuduhan di Grup WA


Senin, 06 Juli 2020 - 20:23:48 WIB
Pengurus Kadin Jabar Jadi Tersangka Gegara Tulis Kalimat Tuduhan di Grup WA Ilustrasi

BANDUNG, HARIANHALUAN.COM - Salah seorang pengurus Kadin Jawa Barat Dony Mulyana Kurnia ditetapkan sebagai tersangka atas kasus Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Dony diduga menulis kalimat tuduhan terhadap Ketua Kadin Jabar Tatan Pria Sudjana.

"Sudah kita tetapkan tersangka. Sudah dikirim berkasnya tahap satu ke kejaksaan," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso saat dikonfirmasi, Senin (6/7/2020).

Penetapan tersangka ini berawal dari laporan polisi bernomor LP/B/77/1 Jabar tanggal 23 Januari yang dilakukan oleh Tantan ke Polda Jabar.

Tersangka sendiri menuliskan kalimat tuduhan melalui grup WhatsApp internal Kadin Jabar. Salah satu tuduhannya terkait pemberian cek kosong dengan besaran ratusan juta rupiah.

"Kasusnya Undang-undang ITE. Penghinaan di media sosial di WhatsApp Grup. Dia di grup WA melakukan penghinaan terhadap pelapor. (Pelapor ketua kadin?) Iya," katanya.

Erlangga menambahkan saat ini berkas pemeriksaan yang dilakukan oleh penyidik sudah rampung. Pihaknya tengah berkoordinasi dengan kejaksaan terkait kasus tersebut.

"Berkas tahap satunya pada 20 Juni. Sekarang berkoordinasi dengan kejaksaan untuk pelimpahan," kata dia.

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar Kombes Yaved Duma Parembang menambahkan DMK tak ditahan meski sudah ditetapkan tersangka. DMK sendiri dikenakan Pasal 45 ayat 3 juncto Pasal 27 ayat 3 atau 45 a ayat 2 UU RI No. 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas UU RI No 11 Tahun 2008 tentang ITE.

"Tidak (ditahan)," kata Yaved.

Dikonfirmasi secara terpisah, Dony mengaku sudah mengetahui soal statusnya yang sudah jadi tersangka. Dony mengatakan akan menghadapi dan menyiapkan bukti-bukti untuk pembuktian

"Ya nanti pembuktian saja. Saya sih enjoy-enjoy saja berpijak pada kebenaran saja," kata Dony kepada detikcom.

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]